Ahad 27 May 2012 16:46 WIB

Tiga Orang Tewas Usai Pesta Miras Oplosan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Dewi Mardiani

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU  -- Pesta minuman keras (miras) yang menimbulkan korban jiwa kembali terulang di Kabupaten Indramayu. Kali ini, tiga warga asal Desa Lombang, Kecamatan Juntinyuat, tewas dan enam lainnya kritis setelah menenggak minuman haram itu.

Adapun ketiga korban tewas adalah Darim (36 tahun), Ali (35 tahun) dan Raji (35 tahun). Sedangkan korban kritis bernama Hendra (17 tahun), Duladi (35 tahun), Dedi (27 tahun), Kanila (24 tahun), Warsidi (35 tahun) dan Carsa (40 tahun). Seluruh korban merupakan warga Desa Lombang, dan masih memiliki ikatan kekerabatan.

Peristiwa tersebut bermula ketika ada pesta hajatan yang digelar di desa tersebut, Jumat (25/5). Mereka sepakat membeli miras untuk dikonsumsi sama-sama. Setelah mendapatkan miras jenis ginseng, mereka kemudian mengoplosnya dengan suplemen minuman berbentuk bubuk.

Mereka pun menggelar pesta miras di dekat sebuah pos ronda yang tak jauh dari kantor balai desa setempat. Saat itu, mereka tidak merasakan gejala keracunan usai menenggak minuman tersebut. Selang dua hari setelah mengkonsumsi miras, mereka sama-sama mengalami gejala, seperti sakit perut, mual, sakit kepala serta penglihatan tidak jelas.