Kamis 23 Aug 2012 04:08 WIB

Beginilah Nasib Rumah yang Ditinggal Mudik Pemiliknya

Red: Endah Hapsari
Rumah kosong yang ditinggal mudik penghuninya rawan jadi incaran maling. (ilustrasi)
Foto: www.halosemarang.com
Rumah kosong yang ditinggal mudik penghuninya rawan jadi incaran maling. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU---Masa libur Lebaran 2012 rupanya dimanfaatkan komplotan maling di Kota Pekanbaru, Riau, untuk menyatroni rumah-rumah yang ditinggal mudik pemiliknya.

Data kepolisian di Pekanbaru, Rabu, mencatat tindak kriminal pencurian terjadi di perumahan Jalan Tamansari Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya, pada tanggal 18 Agustus. Para pencuri diduga sudah mengintai rumah yang kosong karena ditinggal pemiliknya mudik Lebaran.

Untungnya, aksi kawanan perampok itu dipergoki oleh warga setempat. Warga menangkap dua orang pelaku dan nyaris dihakimi oleh massa yang marah.

"Hingga saat ini, kedua tersangka kami amankan di Mapolsek Bukit Raya, untuk kami mintai keterangan lebih lanjut," kata Kapolsek Bukit Raya, Kompol Marto Harahap kepada wartawan.

Menurut dia, para pelaku masih beruntung karena seorang warga langsung menghubungi polisi sehingga amuk massa bisa dihindari.

Pelaku yang ditangkap berinisial AH, warga Jalan Kampar Tiga Kelurahan Rintis, dan seorang lagi berinisial HT, warga Jalan Rokan Kelurahan Tanjung Rhu.

Modus kejahatan pelaku, yakni dengan membongkar rumah kosong melalui pintu yang samping. Barang bukti yang telah diamankan dari pelaku yaitu, satu unit CPU dan satu unit monitor komputer.

Menurut pengakuan tersangka HT, ia sudah melakukan tindakan serupa sebanyak lima kali di daerah sekitar Kecamatan Bukit Raya.

"Kami mengimbau warga yang mudik tetap berhati-hati jangan lupa mengunci pintu, dan warga di sekitar saling menjaga lingkungan masing-masing," ujar Kompol Marto Harahap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement