Senin 27 Aug 2012 18:37 WIB

Penduduk Toba Samosir tak Merasakan Guncangan Gempa

Red: Taufik Rachman
Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: www.keyt.com
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN--Guncangan gempa bumi berkekuatan 5,1 Skala Richter di Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara pada Senin pukul 16.01 WIB namun hampir tidak dirasakan warga di wilayah tersebut.

Kepala Bidang Pelayanan Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I Medan Hendra Suwarta di Medan, Senin sore, mengatakan, gempa itu berpusat di 2,34 derajat lintang utara dan 98,97 derajat bujur timur.

Dia mengatakan, gempa berkekuatan 5,1 SR itu di 33 kilometer barat laut Toba Samosir, dengan kedalaman 140 kilometer di bawah permukaan tanah. "Berhubung pusat gempanya cukup dalam, hingga kini belum diperoleh informasi lebih jauh tentang kerusakan yang diakibatkannya," ujar Hendra.

Kepala Bidang Pemberitaan Publikasi dan Dokumentasi Sekretaris Daerah Pemkab Toba Samosir Robintang Sitepu mengaku tidak merasakan guncangan gempa di daerah itu, meski titik koordinatnya di wilayah setempat.

Kendati demikian, katanya, masyarakat setempat harus senantiasa waspada guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya gempa susulan.

"Hingga sejauh ini, situasi di wilayah Toba Samosir tetap berada dalam keadaan tenang dan kondusif, karena guncangan gempa dimaksud hampir tidak terasa di kabupaten berpenduduk sekitar 175.277 jiwa tersebut," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement