Selasa 23 Oct 2012 15:08 WIB

DPR: Biro Perjalanan Haji Ditemukan Berikan Pelayanan Minim

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Dewi Mardiani
Anggota DPR RI, Muhammad Malkan Amin (kiri) sedang meninjau perumahan jamaah haji di Makkah.
Foto: Heri Ruslan/Republika
Anggota DPR RI, Muhammad Malkan Amin (kiri) sedang meninjau perumahan jamaah haji di Makkah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Pengawas Haji DPR menemukan kenyataan bahwa pelayanan yang diberikan biro perjalanan haji memberikan pelayanan minim alias di bawah standar. Karena itu, DPR meminta Kementerian Agama (Kemenag) untuk memonitor 300 calhaj nonkuota yang sudah tiba di Makkah.

Hal ini, menurut wakil ketua Komisi VIII DPR, Jazuli Juwaini, dilakukan untuk mengantisipasi agar calhaj nonkuota tersebut mendapatkan pelayanan yang memadai dan tidak menganggu kualitas pelayanan pada jamaah kuota.

     

"Kami juga menemukan biro travel haji yang memberikan pelayanan di bawah standar, terutama saat transit sebelum hari Armina, hal ini juga harus dievaluasi izinnya oleh Kemenag sesuai dengan tingkat keteledorannya," ujar Jazuli.

Sementara itu, Komisi VIII DPR juga meminta Kemenag untuk menertibkan travel-travel ilegal yang tidak memiliki izin. Hal ini terkait dengan kasus banyaknya calhaj yang gagal berangkat karena diiming-imingi oleh travel yang tidak memiliki izin tersebut. "Ini termasuk penipuan dan tindakan kriminal," ujar Jazuli

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement