Selasa 06 Nov 2012 21:31 WIB

Abdullah Hakim Quick: Islam, Tuntunan Hidup yang Sempurna (3)

Rep: Fitria Andayani/ Red: Chairul Akhmad
Dr Abdullah Hakim Quick.
Foto: muslimvideo.com
Dr Abdullah Hakim Quick.

Terapkan Gaya Hidup Islami

Islam bagi Quick tidak hanya sebagai sebuah agama, tetapi lebih dari itu Islam adalah sebuah gaya hidup.

"Setelah menjadi Islam, saya memiliki pola makan yang baik. Bersikap sesuai dengan yang dicontohkan Nabi dan memimpin keluarga saya dengan cara Islam. Islam mengajarkan semua detail dalam menjalani hidup, A-Z. Ini yang saya inginkan," ujarnya.

Meski demikian, saat awal menjadi Muslim, ia juga sempat tidak percaya diri dan agak kehilangan semangat. Quick baru menjadi Muslim dua hari sebelum puasa Ramadhan. Sehingga, ia langsung mengerjakan puasa.

“Namun, saya kaget ketika saya datang ke masjid pada malam hari dan saya harus melaksanakan shalat Tarawih sebanyak 20 rakaat. Dulu, saya pemain baseball, tetapi rasanya capek juga shalat dengan rakaat sebanyak itu, membuat lutut saya keram," kisahnya. 

Ketika itulah, Quick agak kehilangan semangat. Muncul pertanyaan dalam dirinya, apakah ia benar-benar bisa menjadi Muslim yang baik? Sementara, ibadah yang harus dijalankan sebagai Muslim sepertinya tidak ringan.

Namun, seorang sahabat Muslimnya memberi tahu bahwa shalat tersebut hanyalah sunah. Seorang Muslim boleh memilih untuk mengerjakan atau tidak mengerjakan shalat tersebut. "Saat itu saya merasa bahwa Islam ternyata sama sekali tidak memberatkan umatnya," kata Quick.

Bahwa Islam menyediakan banyak pilihan dalam melaksanakan ibadah dan memberikan pengecualian bagi mereka yang memiki keterbatasan fisik. Beruntung, Quick akhirnya bisa juga menyelesaikan puasa selama sebulan penuh dan melaksanakan shalat Tarawih setiap malam pada bulan Ramadhan pertamanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement