Rabu 05 Dec 2012 20:47 WIB

Pasukan Turki Tewaskan 13 Anggota PKK

Red: Hazliansyah
Militer Turki menggelar latihan dekat perbatasan Suriah.
Foto: AFP
Militer Turki menggelar latihan dekat perbatasan Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- 13 anggota kelompok Partai Pekerja Kurdistan (PKK) tewas dalam satu operasi besar-besaran pasukan keamanan Turki terhadap kelompok terlarang itu dalam dua hari belakangan di Provinsi Osmaniya, Turki Selatan.

Kantor Gubernur Osmaniya menyatakan, serangan yang melibatkan 1.000 personel pasukan keamanan terdiri dari anggota Polisi Operasi Khusus, Operasi Khusus Gerndarmie dan Pasukan Komando Gendarmie itu juga berhasil menangkap lima orang anggota PKK.

Operasi itu dilancarkan di Pegunungan Amanos di Osmaniya, Senin (3/12).

PKK --yang dimasukkan ke dalam daftar organisasi teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa-- mengangkat senjata pada 1984 dalam upaya mendirikan negara suku di Turki tenggara.

Lebih dari 40.000 orang telah tewas dalam konflik yang disulut oleh aksi separatis PKK di Turki.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا جَاۤءَهُمْ اَمْرٌ مِّنَ الْاَمْنِ اَوِ الْخَوْفِ اَذَاعُوْا بِهٖ ۗ وَلَوْ رَدُّوْهُ اِلَى الرَّسُوْلِ وَاِلٰٓى اُولِى الْاَمْرِ مِنْهُمْ لَعَلِمَهُ الَّذِيْنَ يَسْتَنْۢبِطُوْنَهٗ مِنْهُمْ ۗ وَلَوْلَا فَضْلُ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهٗ لَاتَّبَعْتُمُ الشَّيْطٰنَ اِلَّا قَلِيْلًا
Dan apabila sampai kepada mereka suatu berita tentang keamanan ataupun ketakutan, mereka (langsung) menyiarkannya. (Padahal) apabila mereka menyerahkannya kepada Rasul dan Ulil Amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya (secara resmi) dari mereka (Rasul dan Ulil Amri). Sekiranya bukan karena karunia dan rahmat Allah kepadamu, tentulah kamu mengikuti setan, kecuali sebagian kecil saja (di antara kamu).

(QS. An-Nisa' ayat 83)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement