Senin 17 Dec 2012 15:46 WIB

DKI Jakarta akan Bangun 30 Kampung Deret

Rep: Rina Tri Handayani/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membangun 30 kampung deret tahun depan. "30 lokasi dibangun di perkampungan kumuh diambil dari 392 RW Kumuh yang ada di Jakarta," ujar Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintahan DKI Jakarta Novizal, Senin (17/12).

Novizal mengatakan kampung deret tersebut kemungkinan bisa dibangun di daerah banjir. Menurutnya, satu kampung deret bisa menampung 500 atau 600 unit rumah.

Dia mengatakakan, 30 kampung tersebut dibiayai dengan anggaran dari APBD. Sementara mekanisme dengan CSR, dapat melalui kerja sama kampung yang sama dengan mengambil satu parsial atau lokasi yang lain.

Namun demikian, untuk menentukan lokasi tergantung jumlah pemohon perbaikan kampung. Karena itu, sebelumnya warga akan diberikan sosialisasi cara memohon. Menurutnya, jika melalui sistem penunjukan tidak adil. Kemudian dilakukan penilaian, sesuai dengan tata ruang dan peruntukannya. "Kalau pemohon lebih dari 30 bisa diundi atau cara yang lain," kata dia.