Ahad 30 Dec 2012 05:45 WIB

Ini 10 Tips Hilangkan Stres Saat Liburan (bagian 1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Abdullah Sammy
Stress
Stress

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Liburan itu adalah menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang tercinta. Artinya, anda harus terlibat dalam sebuah perjalanan bersama keluarga.

Perjalanan selama liburan bersama keluarga, tak jarang, juga bisa membuat frustasi dan stress. Terutama, ketika seluruh keluarga terdengar begitu ramai dan heboh.

Sangat penting bagi anda untuk menjaga level stres anda sepanjang liburan. Bagaimana agar liburan bersama keluarga tak mendatangkan stres? Ini tipsnya, dikutip dari SyimptomFind, Ahad (30/12).

1. Rencanakan perjalanan liburan anda lebih awal

Semakin awal anda membuat rencana perjalanan liburan anda bersama keluarga, maka semakin sedikit kemungkinan anda akan mengalami stres. Pesan tiket penerbangan, tiket kereta, hingga mengetahui rute perjalanan anda sedini mungkin.

Pada hari-H liburan anda bersama keluarga datang, ada baiknya memulai perjalanan lebih awal. Ini untuk menghilangan kekhawatiran anda dengan risiko tertinggal pesawat dan sebagainya.

2. Sisipkan rencana B untuk kejadian tak terduga

Ketika anda melakukan perjalanan, sesuatu yang tak terduga bukan tak mungkin akan terjadi. Penerbangan anda mungkin saja tertunda, bagasi anda mungkin saja tertinggal atau hilang, atau anda mungkin tersesat.

Sulit untuk mempersiapkan apa yang mungkin atau tak mungkin terjadi. Namun, ada baiknya anda memeriksa terlebih dahulu kondisi cuaca, lalu lintas, keberangkatan dan penundaan penerbangan. Ini akan mengurangi keterkejutan anda jika sesuatu yang tak diinginkan itu terjadi.

3. Siapkan anak-anak

Siapkan anak-anak untuk perjalanan anda. Beritahu mereka kemana keluarga anda akan bepergian, berapa lama waktu yang dibutuhkan mencapai lokasi, dan biarkan juga mereka tahu kemungkinan buruk yang akan terjadi jika cuaca, lalu lintas, dan penerbangan sedang dalam kondisi buruk.

Jika anak-anak anda mulai merasa stres akan perjalanan, anda bisa mengontrol mereka. Ini untuk membantu meringankan kecemasan mereka. Biarkan mereka mengepak koper mereka sendiri, atau memilih pakaian dan mainan mana yang hendak mereka bawa. Menunjuk anak anda sebagai orang yang menentukan bagasinya sendiri bisa membuat mereka merasakan perjalanan kali itu berarti.

4. Kemasi pakaian lebih awal

Sebelum anda pergi, pastikan anda mengepak pakaian anda lebih awal. Banyak orang menyesali kekurangan bawaan mereka dimenit-menit terakhir akan berangkat. Jika anda mengemasinya lebih awal, maka hal itu tak perlu terjadi. Tidak ada yang lebih menyeramkan dari mengemasi pakaian anda ke dalam koper pada menit-menit terakhir.

5. Pintar berkemas

Ada baiknya anda membuat sederet daftar barang-barang yang pasti anda perlukan sepanjang perjalanan. Siapkan juga alat-alat yang mungkin anda butuhkan dicuaca tak terduga. (bersambung ke bagian 2)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement