Senin 14 Jan 2013 05:21 WIB

Hati-hati Lewat Jalan Ini, Masih Tergenang

Red: Endah Hapsari
Jalan tergenang/ilustrasi
Foto: beritajakarta.com
Jalan tergenang/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Genangan yang kerap muncul paska hujan deras di sejumlah ruas jalan di ibu kota seolah menjadi momok bagi warganya. Ya, paska hujan deras sejak pagi hingga sore ini, beberapa ruas jalan tergenang dengan ketinggian 30-40 sentimeter hingga menyebabkan banyak kendaraan, terutama sepeda motor mengalami mogok. Tak hanya itu, kemacetan panjang pun tak terhindarkan terjadi.

Salah satu genangan yang hingga kini tampak belum menunjukkan tanda-tanda akan surut yakni di Jl Gunung Sahari Raya tepat di wilayah perbatasan Jakarta Pusat dengan wilayah Jakarta Utara. Tinggi genangan di jalan ini mencapai 40 sentimeter. Sejak siang banyak pengendara sepeda motor yang mengalami mogok lantaran nekat menerobos genangan.

Ali (40), salah satu pengendara sepeda motor yang melintas Jl Gunung Sahari Raya mengeluhkan keberadaan genangan yangg tak kunjung surut di ruas jalan tersebut. Akibat genangan itu, sepeda motor yang dikendarainya pun mogok. "Ini sampai sore gak surut-surut. Saya pikir gak terlalu dalam, karena saya terobos. Tapi pas di tengah-tengah ternyata dalam sampai bagian mesin motor saya terendam dan akhirnya mogok," keluh Ali.

Kepala Sudin Pekerjaan Umum (PU) Tata Air Jakarta Pusat, Herning Wahyuningsih mengatakan, wilayah yang  terdapat genangan memang berada di wilayah perbatasan antara Jakarta Pusat dengan wilayah Jakarta Utara. Karena itu, pihaknya tidak bisa langsung mengambil tindakan, terlebih kewenangannya memang berada di Dinas PU DKI. "Itu memang kewenangannya Dinas PU DKI. Tapi, jika diperintahkan kami juga akan membantu mengatasinya," kata Herning.