Selasa 02 Apr 2013 06:34 WIB

Mahfud MD Dinilai Memegang Amanah dengan Baik

 Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD disambut para pendukungya saat meninggalkan Gedung MK di Jakarta, Senin (1/4).  (Republika/Adhi Wicaksono)
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD disambut para pendukungya saat meninggalkan Gedung MK di Jakarta, Senin (1/4). (Republika/Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sejumlah elemen masyarakat di Semarang yang tergabung dalam Forum Bintang Sembilan, Senin (1/4) malam, menggelar refleksi menyambut purnatugasnya Mahfud Mahmodin dari jabatan ketua Mahkamah Konstitusi.

Refleksi yang berlangsung di Monumen Tugu Muda Semarang itu dimulai dengan Salat Maghrib berjamaah, kemudian dilanjutkan kegiatan tahlil dan doa agar Mahfud MD tetap diberi kekuatan, kesehatan, dan keberanian.

Menurut inisiator Forum Sembilan Bintang, M Mahsun, kegiatan refleksi itu sebenarnya dimaksudkan untuk mengapresiasi kinerja Mahfud selama menjalankan tugasnya sebagai Ketua MK yang berakhir 1 April 2013 pukul 14.00 WIB.

Ia menilai Mahfud merupakan sosok yang memenuhi harapan sebagian besar masyarakat Indonesia saat memegang jabatan, baik saat menjadi anggota DPR, menteri pertahanan era Presiden Gus Dur, maupun terakhir sebagai ketua MK.

"Beliau (Mahfud) adalah sosok yang unik. Pernah memegang amanah di tiga lembaga berbeda, yakni legislatif (DPR), eksekutif (Menhan), maupun yudikatif (MK). Dan, beliau memegang amanah dengan baik," katanya.

Saat menjadi Ketua MK, kata dia, Mahfud memiliki peran besar dalam menguak kasus korupsi yang menyeret nama Anggodo Widjojo dengan memperdengarkan rekaman, dan kasus korupsi yang melibatkan M Nazaruddin.

"Memperdengarkan rekaman pembicaraan Anggodo itu termasuk terobosan yang dilakukan Mahfud sebagai Ketua MK. Itu membuktikan keberanian beliau dalam langkah penegakan hukum, terutama atas kasus korupsi," tutur Mahsun.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement