Rabu 03 Apr 2013 04:15 WIB

Ini Kandidat Terkuat Pengganti Mahfud MD

Rep: Abdullah Sammy / Red: Citra Listya Rini
Akil Mochtar
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Akil Mochtar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sembilan hakim konstitusi akan menjadi calon pengganti Mahfud MD sebagai ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Kesembilan hakim ini akan mendapat kesempatan memilih dan dipilih dalam proses pemilihan Ketua MK, Rabu (3/4). 

Jelang pemilihan, sejumlah nama mulai diunggulkan melaju sebagai ketua. Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Tjatur Sapto Edy punya pandangan sendiri mengenai calon hakim MK. 

Menurutnya, semua hakim memiliki kompetensi untuk melaju menjadi Ketua MK. Namun, dari kesembilan hakim itu, Tjatur menilai ada tiga kandidat terkuat.

"Pak Akil Mochtar pantas dan paling berpeluang karena punya pengalaman politik yang panjang," kata Tjatur kepada Republika di Jakarta, Selasa (2/4). 

Dia menambahkan, sosok AKil berpeluang mendapat dukungan kuat dari hakim MK lain. Selain Akil, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyebut sosok Hamdan Zoelva dan hakim konstitusi baru Arief Hidayat sebagai kandidat yang berpeluang. 

"Kuda hitamnya. Pak Hamdan dan Pak Arief," ujar Tjatur.

Pemilihan ketua MK akan digelar hari ini, Rabu (3/4) dengan mekanisme aklamasi atau voting. Kesembilan hakim konstitusi yang akan menentukan siapa diantara mereka yang akan menggantikan posisi Mahfud.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement