Ahad 07 Apr 2013 14:54 WIB

Bulog Siap Impor 150 Ribu Ton Kedelai

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: A.Syalaby Ichsan
Kedelai
Kedelai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perum Bulog berencana mengimpor kedelai tahun ini. Dalam satu bulan, Bulog akan mengimpor sekitar 50 ribu hingga 100 ribu ton kedelai.

 

Impor ini dikatakan untuk mencukupi kebutuhan industri termasuk tempe, tahu dan peternakan. "Konsumen makin naik," ujar Dirut Perum Bulog Soetarto Alimoeso, Minggu (7/3).  

Bulog pun tengah melakukan serangkaian langkah untuk mewujudkan rencana ini. Minggu lalu, pihaknya sudah melakukan penjajakan dengan para importir dari Amerika dan Myanmar. Jika berjalan lancar, Bulog akan mulai melakukan impor sekitar bulan September atau Oktober. 

Anggaran untuk rencana ini diperkirakan mencapai Rp 9 miliar. Harga satu ton kedelai impor sekitar 600 dolar AS. Sumber pendanaan utama diupayakan didapat dari kredit. "Tahun ini katakanlah kita impor 150 ribu ton," ujarnya. 

 

Kedelai impor ini nantinya akan didistribusikan melalui outlet yang dimiliki Bulog, yaitu Bulog Mart. Cara ini menurutnya efektif agar produk bisa terserap oleh pasar. Dalam kondisi khusus, Bulog siap membantu pemerintah untuk menjaga stabilitasi harga. 

Soetarto menyanggah jika Bulog dikatakan ingin memonopoli industri kedelai. Bulog, menurutnya, berfungsi sebagai penyeimbang dan penyangga industri. Pada saat terjadi inflasi, pemerintah bisa meminta bantuan Bulog untuk mengintervensi pasar. 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement