Jumat 26 Apr 2013 01:50 WIB

Kembangkan BPR, Perbarindo Gandeng Telkom

Rep: Yulianingsih / Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Persaingan di dunia perbankan di Indonesia semakin ketat. Penggunaan teknologi informasi (IT) dewasa ini menjadi sebuah keharusan bagi perbankan untuk memenangkan persaingan tersebut.

Namun belum semua bank menggunakan IT itu untuk peningkatan layananya termasuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Indonesia. Menyadari hal tersebut Persatuan BPR Indonesia (Perbarindo) menggandeng PT Telkom Indonesia.

Perbarindo dan Telkom sepakat bekerja sama dalam penyediaan layanan IT perbankan bagi seluruh BPR di Indonesia. "Masih sedikit sekali BPR yang telah menggunakan IT dalam peningkatan pelayananya. Karenanya kita ingin mengembangkan hardware bagi BPR dalam layanan perbankan ini," kata Director of Enterprise dan Wholesale Telkom, Muhammad Awaludin, di sela-sela BPR Marketing Forum 2013 di Yogyakarta, Kamis (25/4)

Forum tersebut dihadiri perwakilan dari 1.653 BPR anggota Perbarindo di seluruh Indonesia. Dikatakan Awaludin, pengguaan IT terintegrasi dalam sistem perbankan memang membutuhkan biaya tinggi.