Sabtu 04 May 2013 06:32 WIB

Kutai Timur Tetapkan Status Tanggap Darurat

Red: Dewi Mardiani
Banjir (ilustasi)
Foto: ANTARA/Kristian Ali
Banjir (ilustasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SANGATTA -- Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur (Kaltim), menetapkan status tanggap darurat setelah selama beberapa hari banjir masih melanda enam desa di tiga kecamatan wilayah pedalaman Kabupaten Kutai Timur Timur.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Timur H Zainuddin Aspan, kemarin, mengatakan penetapan status tanggap darurat berdasarkan surat keputusan bernomor 360/005/BPBD.III yang ditandatangani Wakil Bupati H Ardiansyah Sulaiman tanggal 3 Mei 2013.

Menurut Zainuddin Aspan, enam desa dari tiga kecamatan yang ditetapkan berstatus tanggap darurat bencana meliputi Desa Malupan dan Desa Senambah di Kecamatan Muara Bengkal, Desa Batu Timbau dan Desa Telaga di Kecamatan Batu Ampar serta Desa Long Melah dan Desa Marah Haloq di Kecamatan Telen.

"Status tanggap darurat akan berlaku selama satu minggu mulai 3 hingga 10 Mei 2013, dan akan diperpanjang jika musibah banjir masih terjadi," kata Zainuddin Aspan. Dengan ditetapkannya status tanggap darurat, maka Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait diwajibkan untuk melakukan kerjasama untuk mengatasi bencana dengan cepat dan tepat sasaran sesuai waktu yang ditentukan.

Menurut dia, penetapan status tanggap darurat dikeluarkan berdasarkan hasil pelaksanaan dan pemantauan BPBD serta laporan langsung masing-masing kepala wilayah seperti kepala desa dan camat serta masyarakat. "Status darurat diberlakukan, sebab musibah banjir yang melanda warga sudah berlangsung hampir sepuluh hari, sesuai Undang-Undang Bencana Alam," katanya.

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement