Senin 06 May 2013 18:40 WIB

BI Minta Mandiri tak Monopoli e-Toll

Rep: Satya Festiani/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
e-Toll Bank Mandiri bekerja sama dengan Jasa Marga
Foto: Republika/Yogi Ardhi
e-Toll Bank Mandiri bekerja sama dengan Jasa Marga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menginginkan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) membuka kesempatan bagi bank lain untuk menyediakan layanan e-Toll.

 Gubernur BI, Darmin Nasution, mengatakan kemacetan di pintu tol dapat dihindari jika pengguna tol menggunakan teknologi seperti layanan e-Toll.

 

"Yang lain (bank) boleh ikut masuk sehingga bisa bersaing," ujar Darmin seusai Penandatanganan Nota Kesepahaman Layanan Transfer Antar Prinsipal, Senin (6/5).

Darmin berharap nasabah dapat tertarik menggunakan layanan e-Toll jika bank lain pun ikut memberikan layanan tersebut. Persyaratan pembuatan e-Toll pun diharapkan menjadi lebih mudah.

Hingga saat ini, hanya BMRI yang bekerjasama dengan Jasa Marga untuk memberikan layanan e-Toll. "(Hanya) Mandiri dua tiga tahun ini cukup lah," ujar Darmin.

Alasan Darmin untuk mendorong bank lain turut serta. Lagi pula  pintu tol, menurut dia, bukanlah tempat untuk bermacet-macetan.

 Darmin membandingkan sistem e-Toll di Indonesia dengan negara lain. "e-Toll jalannya masih pelan-pelan. Klik baru lewat," ujarnya. Sementara di negara lain, ujarnya, asal lajunya di bawah 40 kilometer per jam bisa.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement