Senin 20 May 2013 15:23 WIB

KPU Mulai Sosialisasi Pilgub Lampung

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Dewi Mardiani
Pilkada (ilustrasi)
Foto: IST
Pilkada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung mulai menyosialisasikan tahapan pemilihan gubernur (pilgub) Lampung dipercepat tahun 2013, Senin (20/5). Meski belum jelas anggarannya, KPU optimistis pilgub pada 2 Oktober mendatang dapat digelar.

Dalam sosialisasi di sekretariat KPU Jalan Gajah Mada Bandar Lampung, KPU menjelaskan tata cara pendaftaran, dan persyaratan calon dari partai politik maupun perseorangan. Hadir semua komisioner KPU, dan beberapa perwakilan partai politik, dan bakal calon gubernur Lampung.

Ketua KPU Lampung, Nanang Trenggono, mengatakan sosialisasi ini, agar rakyat, parpol, dan bakal calon dapat mengetahui proses yang sedang, dan akan dilakukan KPU mengenai petunjuk teknis penyelenggaraan pilgub.

Dengan keluarnya surat edaran dari Kemendagri yang intinya pilkada 43 daerah dipercepat, empat partai politik mulai menjaring bakal calon gubernur Lampung. Empat partai politik yang akan membuka pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur Lampung adalah Partai Hanura, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, dan PDI Perjuangan.

Herman HN, yang disebut-sebut bakal calon gubernur Lampung, yang kini menjabat wali kota Bandar Lampung, optimistis pilgub Lampung dapat digelar pada 2013. Ia malah menyarankan KPU dapat menggunakan dana dari pihak ketiga, bila APBD Perubahan Pemprov Lampung tidak tersedia atau tidak cukup. “Banyak cara, asal mau,” katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement