REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Perusahaan otomotif asal India, Tata Motors, secara resmi akan merilis jajaran produknya melalui anak perusahaannya untuk Indonesia, PT Tata Motors Indonesia (TMI). Rencananya, TMI akan memboyong produk pertamanya di Indonesia pada September mendatang.
Meski belum melakukan penjualan secara resmi di Indonesia, TMI yang sudah beroperasi sejak dua tahun lalu ini menggelar aksi kepedulian sosial bertajuk "Inspiraksi". Aksi ini sekaligus menandai debut pertama TMI sebagai pemain baru di pasar Indonesia.
"Ini (Inspiraksi) tidak ada hubungannya dengan bisnis. Kita ingin berkontribusi untuk masyarakat Indonesia tanpa menunggu penjualan lebih dulu," kata Biswadev Sengupta, President Director PT Tata Motors Indonesia saat kumpul media di Gandaria City, Jakarta (24/7).
Bentuk nyata program ini dituangkan TMI dengan melibatkan masyarakat untuk memberikan pendapat mereka tentang isu sosial. Mulai dari masalah pendidikan, kesehatan, sanitasi, transportasi dan lainnya. Mereka yang ingin mengemukakan pendapatnya diajak untuk berinteraksi melalui Facebook Tata Motors Indonesia.
Isu terbanyak yang disuarakan masyarakat, menurut Biswadev, akan diwujudkan dan direalisasikan oleh TMI. Biswadev bahkan telah menyiapkan dana sebesar Rp 1 miliar untuk mewujudkan aksi ini. "Sudah ada sekitar 15 ribu yang me-like fan page TMI," katanya menambahkan.