Kamis 25 Jul 2013 11:22 WIB

Oposisi Australia Usul Militer Pimpin Satgas Antipenyelundup Manusia

Red:
Kapal Keamanan Australia
Kapal Keamanan Australia

CANBERRA -- Koalisi Oposisi Australia mengumumkan rencana mengangkat seorang komandan militer, yang bertanggung-jawab mencegah penyelundupan manusia dan mengamankan perbatasan Australia.

Menurut usulan yang diberi nama Operasi Kedaulatan Perbatasan itu, seorang komandan militer akan ditunjuk oleh Panglima Pasukan Pertahanan Australia dan melapor kepada Menteri Imigrasi.

Pemimpin Oposisi Tony Abbot mengatakan, penyelundupan manusia adalah suatu 'keadaan darurat nasional'.  Ia mengatakan, jika terpilih pemerintah Koalisi akan meminta Pasukan Pertahanan menunjuk seorang jenderal bintang tiga untuk memimpin satuan tugas gabungan menangani penyelundupan manusia dan perlindungan perbatasan.

Ia mengatakan, operasi akan dimulai dalam waktu 100 hari begitu Koalisi memimpin pemerintahan. Operasi rencananya akan melibatkan 12 badan yang terlibat langsung dalam pengamanan perbatasan. "Ini termasuk situasi eksternal paling serius yang sudah lama kita hadapi," kata Abbot kepada reporter di Brisbane, "Itulah mengapa kira perlu mempunyai seorang perwira senior untuk memimpin."