Sabtu 03 Aug 2013 15:04 WIB

Lonjakan Pemudik di Terminal Purbaya Masih Normal

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Karta Raharja Ucu
Seorang pemudik tengah menunggu bus di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur.
Foto: Republika/Prayogi
Seorang pemudik tengah menunggu bus di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Lonjakan penumpang arus mudik diprediksi terjadi H-4 Lebaran, Ahad (4/8) besok. Sebab, banyak perusahaan yang memulai waktu libur pegawainya terhitung pada tanggal tersebut.

Pantauan ROL di Terminal Purbaya Bungurasih, Sidoarjo, Jawa Timur, penumpang dengan membawa tas besar dan kardus barang sudah nampak memadati terminal. Namun, suasana itu masih dianggap normal dan belum tergolong alami peningkatan signifikan. “Mungkin besok baru ramai,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Terminal Purabaya Bungurasih, May Ronald di kantornya Sabtu (3/4).

May menyebutkan, keberangkatan penumpang per Jumat (2/4) hanya 49.615 orang dengan 1.287 armada bus yang beroperasi. Angka itu masih relatif dengan jumlah pergerakan yang ada. Menurutnya ada kemungkinan naik sejak hari ini, namun tidak terlampau signifikan.

Bila dilihat sebelumnya 2012 lalu, H-3 Lebaran jumlah penumpang mencapai 92.202 orang dengan 1.587 bus. Ia memprediksi, keberangkatan besok akan melebihi angka tersebut. Karena itu, pihaknya menyiapkan 60 bus cadangan yang sewaktu-waktu dapat dioptimalkan. “Besok bisa sampai 95 ribu penumpang,” ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement