Jumat 16 Aug 2013 08:18 WIB

KBRI: WNI di Mesir Dalam Keadaan Aman

Red: Didi Purwadi
Pasukan militer Mesir melemparkan gas air mata ke arah pendukung Presiden Mursi di Kairo, Rabu (14/8).
Foto: AP
Pasukan militer Mesir melemparkan gas air mata ke arah pendukung Presiden Mursi di Kairo, Rabu (14/8).

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kairo mengatakan kondisi Warga Negara Indonesia (WNI) di Kairo dalam keadaan aman. Mereka, yang tinggal di dekat lokasi kerusuhan di Nasr City, sudah diamankan ke rumah komunitas daerah asal mereka di area-area tertentu di Mesir.

“Kondisi di sini terkendali, WNI dalam keadaan aman. Kami dari KBRI kemarin membentuk tim di Nasr City untuk menampung WNI di sana,” kata Kepala Pelaksana Fungsi Penerangan, Sosial Budaya KBRI Kairo, Dahlia Kusuma Dewi, saat dihubungi Kantor Berita Islam MINA, Kamis (15/8).

Dalam serangan sejak Rabu pagi (14/8), ratusan orang tewas dan ribuan lainnya terluka setelah pasukan keamanan Mesir membubarkan paksa demonstran pendukung Presiden Mesir terguling, Muhammad Mursi, terutama di pusat konsentrasi massa, Lapangan Rabi’ah Adawiyah dan Nahda Square, Nasr City, Kairo.

Sebelumnya, KBRI mengeluarkan surat edaran himbauan kepada lebih dari 3500 WNI yang ada di Kairo untuk tidak beranjak ke tempat-tempat yang terjadi kerusuhan.