Rabu 21 Aug 2013 23:40 WIB

Karet Indonesia Masih Sangat Dibutuhkan Jepang

Red: Yudha Manggala P Putra
Bridgestone Turanza AR20
Bridgestone Turanza AR20

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Jepang dan negara lain masih sangat membutuhkan banyak karet Indonesia khususnya untuk memenuhi kebutuhan pabrik ban.

"Indonesia yang menjadi salah satu negara penghasil terbesar karet dunia, masih diandalkan Jepang untuk mengisi kebutuhan pabrik ban," kata Presiden Direktur PT Bridgestone Sumatra Rubber Estate, Togar Simanjuntak, di Medan, Rabu (21/8).

Pabrik ban Bridgestone, di Jepang dan yang ada di negara lain, misalnya membutuhkan sekitar satu juta ton crumb rubber. Padahal, produksi pabrikan crumb rubber Bridgestone termasuk yang ada di Indonesia jauh di bawah itu.

"Pabrik Bridgestone di Sumut misalnya produksinya hanya sekitar 80.000 ton per tahun dengan luas areal kebun di Dolok Merangir, Serbelawan yang seluas 18.000 hektare.

Makanya Bridgestone membutuhkan karet petani untuk diolah menjadi crumb rubber atau pabrikan ban di Jepang mengimpor crum rubber Indonesia dan negara penghasil lainnya.

Dia mengakui, produktivitas karet petani di Indonesia seperti Sumut masih jauh dari yang seharusnya seperti yang sudah dicapai di negara penghasil lainnya seperti Malaysia dan Thailand.

Rata-rata produksi kebun karet petani Sumut sekitar 700 ribu - 800 ribu ton per tahun, sedangkan di negara lain termasuk kebun swasta di Indonesia sudah bisa mencapai 1 juta hingga 1,8 juta ton per tahun.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement