Rabu 28 Aug 2013 05:31 WIB

KAI Berencana Geser Tugu Perjuangan Bekasi

Red: Taufik Rachman
 Pekerja melakukan perawatan rel kereta api yang menghubungkan Jakarta-Depok di jalur Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (19/7).    (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Pekerja melakukan perawatan rel kereta api yang menghubungkan Jakarta-Depok di jalur Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (19/7). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT Kereta Api Indonesia berencana menggeser Tugu Perjuangan Kali Bekasi di Jalan Ir H Djuanda, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, untuk perluasan proyek 'double-double track'.

"Pembangunan rel 'double-double track' (DDT) yang menghubungkan Manggarai-Bekasi ini membutuhkan perluasan lahan, sebab akan dipasang empat rel di lokasi tersebut," ujar Kepala Stasiun Bekasi, Hariyanto, di Bekasi, Selasa.

Menurut dia Tugu Kali Bekasi sebagai monumen perjuangan rakyat Bekasi semasa perang kemerdekaan itu akan digeser sekitar 4 meter dari lokasinya berdiri saat ini.

"Rencananya akan kita geser mendekati bahu jalan," katanya.

Dikatakan Hariyanto, pihaknya sangat menghormati nilai sejarah yang dimiliki tugu yang telah tertanam sejak 1955 itu, sehingga pemindahan lokasi tugu pun diupayakan tidak terlalu jauh dari lokasi semula.

"Tugu banyak sejarahnya. Proses pemindahan pun kita upayakan tidak akan sampai mempengaruhi nilai sejarah," katanya. Menurut dia pelaksanaan pemindahan tugu masih menunggu surat perintah dari Pemerintah Kota Bekasi.

"Izinnya ada pada Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. Pemindahan tugu kita lakukan apabila sudah ada perintah dari kepala daerah," ujarnya.

Pihaknya berharap, rencana pemindahan tugu tersebut juga memperoleh izin dari sejumlah tokoh masyarakat dan sejarahwan setempat. "Kami tidak ingin rencana ini menjadi perdebatan di tengah masyarakat di kemudian hari," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement