Selasa 03 Sep 2013 08:56 WIB

PT KAI Daop 5 Uji Coba Rangkaian KA Sepanjang 400 Meter

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Djibril Muhammad
PT KAI
PT KAI

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Terobosan untuk mengefisienkan moda angkutan barang, dilakukan oleh PT KAI Daop 5 Purwokerto.

Terobosan itu dilakukan dengan melakukan ujicoba KA pengakut semen dengan rangkaian yang sangat panjang. Dalam satu rangkaian, lokomotif yang digunakan untuk ujicoba ini menarik 30 gerbong datar (GD)  yang masing-masing gerbong memuat dua kontainer berisi semen.

"Ini merupakan rangkaian KA terpanjang di Jawa. Sebelumnya, kereta api barang dengan rangkaian panjang di Indonesia hanya dioperasikan di Sumatera Selatan, yakni KA Batubara rangkaian panjang (Babaranjang). Jumlah rangkaian KA Babaranjang ini mencapai 60 gerbong, dengan panjang  total lebih dari 800 meter. Karena panjang dan beratnya rangkaian gerbong yang ditarik, kereta api Babaranjang ini harus menggunakan 2 buah lokomotif (double traksi)," jelas Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono, Senin (2/9).

Menurut dia, ujicoba KA rangkaian panjang tersebut dilaksanakan Ahad (1/9). Dalam ujicoba tersebut, rangkaian KA barang yang mengangkut semen tersebut melakukan perjalanan mulai dari Stasiun Karangtalun Cilacap, hingga stasiun Solojebres. "Alhamdulillah, ujicoba ini berlangsung lancar," katanya.