Selasa 17 Sep 2013 13:45 WIB

PKPU Sebar Masker ke Pengungsi Sinabung

Relawan PKPU membagikan masker ke pengungsi Gunung Sinabung, Karo, Sumatra Utara
Foto: dok PKPU
Relawan PKPU membagikan masker ke pengungsi Gunung Sinabung, Karo, Sumatra Utara

REPUBLIKA.CO.ID, KARO -- Kebutuhan prioritas pengungsi Gunung Sinabung, Karo, Sumatra Utara adalah masker. Hal itu diketahui Tim Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) setelah melakukan assesment kepada pengungsi. Sejak Ahad (15/9), tim relawan PKPU telah membagikan 750 masker kepada pengungsi.

"Masker penting untuk menghindari infeksi saluran pernafasan," ungkap Manajer External Relation PKPU, Mohammad Sukismo, Selasa (17/9). Letusan Gunung Sinabung yang mengeluarkan banyak debu vulkanik harus diantisipasi agar warga tak terkena dampak negatif.

Selain itu, relawan PKPU juga terlibat dalam evakuasi delapan pendaki gunung yang terjebak saat terjadi letusan. Sementara itu seribu pengungsi di Posko Jamburtaras, Brastagi telah dibantu dengan didirikan posko dapur air. "Untuk melayani kebutuhan air, susu, teh, dan air panas bagi pengungsi," ujar Sukismo.

Tak luput, bantuan listrik untuk charger telepon genggam juga disediakan agar pengungsi bisa terus berkomunikasi dengan keluarga di luar Karo. PKPU juga menyiapkan tim kesehatan, pelayanan balita, penyebaran masker hingga program recovery bagi pengungsi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement