Jumat 27 Sep 2013 17:32 WIB

PBB Laporkan Suhu Bumi Makin Panas

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
Pemanasan global (ilustrasi)
Foto: www.ctv.ca
Pemanasan global (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Panel PBB melaporkan kegiatan manusia menyebabkan pemanasan global. Mereka memprediksi suhu bumi naik 0,3 sampai 4,8 derajat celcius di abad ini. Al-Arabiya, Jumat (27/9) melaporkan, Panel Antarpemerintah pada Perubahan Iklim (IPCC) juga memproyeksikan permukaan laut akan naik antara 26-82 cm pada 2100. 

Manusia disebut menyebabkan lebih dari setengah dampak pemanasan global dalam 60 tahun terakhir. Keyakinan mereka mencapai 95 persen. Dalam laporan terakhir pada 2007, panel meyakini 90 persen penyebab pemanasan global adalah manusia.

IPCC telah membuat empat laporan dalam sepanjang 25 tahun ini. Setiap edisi menyampaikan peringatan keras, temperatur dan perubahan sistem iklan akan membuat kekeringan, banjir, badai, dan naiknya permukaan air laut yang menonjol. 

Proyeksi panel untuk 2100 berdasarkan model tren komputer pada pemanasan emisi gas rumah kaca. Khususnya dari batu bara, minyak dan gas, yang merupakan tulang punggung pasokan energi saat ini. Skenario kenaikan temperatur rata-rata naik satu derajat celcius pada 2100.