Selasa 22 Oct 2013 21:20 WIB

Ronaldo: Publik Jangan Bebani Bale

Red: Taufik Rachman
Gareth Bale saat diperkenalkan di Real Madrid.
Foto: Twitter
Gareth Bale saat diperkenalkan di Real Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo meyakini bahwa terdapat terlalu banyak tekanan kepada rekan setimnya Gareth Bale, perihal banderol harga sang pemain.

Pemain Wales itu didatangkan dari Tottenham Hotspur pada September dengan transfer senilai 91 juta euro, menurut presiden Real Florentino Perez. Namun serangkaian cedera membuat pemain 24 tahun ini belum pernah bermain selama 90 menit untuk klub barunya.

Bagaimanapun, Ronaldo, yang sukses melakukan transisi dari Liga Utama Inggris ke Liga Spanyol saat ia bergabung dengan Real dari Manchester United pada 2009, meyakinkan bahwa Bale akan menjadi pemain yang bagus.

"Saya pikir Gareth Bale melakukannya dengan baik," ucapnya pada konferensi pers Selasa.

''Ia mengalami masa-masa sulit sebab ia tidak menjalani pra musim. Saya memahami hal itu dan jika Anda berbicara dengannya Anda dapat melihat betapa ia sangat ingin membantu tim, namun hal yang lebih baik adalah membiarkan dirinya sendirian dan tidak menambahi tekanan,'' kata Ronaldo.

"Ia merupakan pemain yang fantastis, pemuda fantastis, dan ia selalu ingin belajar. Orang-orang memberikan tekanan kepada dirinya disebabkan karena berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkannya. Saya tidak mengganggunya karena saya yakin 100 persen bahwa ia akan baik-baik saja bagi klub."

Akibat minimnya waktu bermain Bale sejauh ini, kedua pemain tersebut belum mampu membangun kerja sama di lapangan. Bagaimanapun juga, Ronaldo menepis dugaan-dugaan bahwa gaya permainan mereka yang mirip membuat keduanya tidak dapat bekerja sama di tim yang sama.

"Saya pikir semua pemain bagus dapat bermain bersama. Saya ingin bermain dengan pemain-pemain bagus, tidak peduli siapa mereka, dan saya pikir kami dapat memenangi hal-hal penting bersama-sama."

Sementara itu, pelatih Real Carlo Ancelotti mendukung bintang Portugalnya itu dan mengatakan kembalinya Bale dalam kondisi kebugaran penuh setelah sang pemain mengalami cedera paha, tidak akan berarti pergantian posisi bagi Ronaldo.

"Secara umum saya pikir pemain-pemain bagus dapat bermain bersama-sama, dan merupakan hal bagus bagi tim jika mereka bermain bersama."

"Perdebatan (mengenai Bale dan Ronaldo) berlangsung di luar Real Madrid, bukan di dalam. Bahkan secara obyektif, salah satunya biasa bermain di sisi kiri dan salah satunya di sisi kanan."

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement