Selasa 29 Oct 2013 14:27 WIB

Cina Tuduh Warga Uighur Berada di Balik Tabrakan Tiananmen

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani
Salah seorang ibu penduduk Uighur menantang tentara Cina
Foto: usatoday
Salah seorang ibu penduduk Uighur menantang tentara Cina

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Polisi Cina menginvestigasi serangan mobil di pintu gerbang Tiananmen  yang diduga dilakukan dua warga dari etnis minoritas Uighur. Tabrakan mobil tersebut terjadi pada Senin (28/10) di mana sebuah kendaraan menabrak kerumunan orang.

Lima orang dilaporkan tewas dan 38 orang lainnya terluka. Polisi tidak merilis informasi kepada publik tentang kemungkinan motif insiden di tempak publik dengan pengamanan ketat di Cina.

Dalam laporan ABCnews, Selasa (29/10), tidak ada kejelasan dua terduga pelaku itu termasuk dari korban yang tewas. Dua orang, termasuk seorang wanita Filipina tewas saat mobil sport menabrak trotoar yang penuh sesak dengan orang dan kemudian melaju ke arah Gerbang Tiananmen.

Insiden tersebut terjadi di wilayah sensitif karena menjadi tempat gerakan pro-demokrasi ditindas militer pada 1989. Ada 38 orang yang terluka di antara kerumuman di depan pintu gerbang. Tiga warga Filipina dan seorang pria Jepang termasuk di antara korban cedera.

Seorang pejabat keamanan di Beijing Xinjiang, Zhao Fuzhou, mengatakan polisi telah mengedarkan informasi tentang dua tersangka dengan nama Uighur pasca tabrakan. Etnis muslim Uighur sering menghadapi insiden kekerasan melawan pasukan keamanan Cina. Uighur secara budaya, agama, dan bahasa berbeda dari mayoritas etnis Han Cina.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَدَخَلَ الْمَدِيْنَةَ عَلٰى حِيْنِ غَفْلَةٍ مِّنْ اَهْلِهَا فَوَجَدَ فِيْهَا رَجُلَيْنِ يَقْتَتِلٰنِۖ هٰذَا مِنْ شِيْعَتِهٖ وَهٰذَا مِنْ عَدُوِّهٖۚ فَاسْتَغَاثَهُ الَّذِيْ مِنْ شِيْعَتِهٖ عَلَى الَّذِيْ مِنْ عَدُوِّهٖ ۙفَوَكَزَهٗ مُوْسٰى فَقَضٰى عَلَيْهِۖ قَالَ هٰذَا مِنْ عَمَلِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ عَدُوٌّ مُّضِلٌّ مُّبِيْنٌ
Dan dia (Musa) masuk ke kota (Memphis) ketika penduduknya sedang lengah, maka dia mendapati di dalam kota itu dua orang laki-laki sedang berkelahi; yang seorang dari golongannya (Bani Israil) dan yang seorang (lagi) dari pihak musuhnya (kaum Fir‘aun). Orang yang dari golongannya meminta pertolongan kepadanya, untuk (mengalahkan) orang yang dari pihak musuhnya, lalu Musa meninjunya, dan matilah musuhnya itu. Dia (Musa) berkata, “Ini adalah perbuatan setan. Sungguh, dia (setan itu) adalah musuh yang jelas menyesatkan.”

(QS. Al-Qasas ayat 15)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement