Kamis 05 Dec 2013 10:12 WIB

Jelang Kirab Budaya Keraton, Jokowi Tinjau Kereta Kencana

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Fernan Rahadi
Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Yasin Habibi/Republika
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pagi ini mengunjungi lapangan Monas untuk meninjau puluhan kereta kencana yang akan dipamerkan dalam arak-arakan kirab budaya Pagelaran Agung Keraton Dunia pada Ahad (8/12) mendatang.

Rencananya, pada kirab budaya nanti, ada 30 kereta kencana yang akan digunakan oleh para raja keraton nusantara dan mancanegara. Namun demikian, saat ini baru ada 21 kereta kencana yang terparkir di lapangan silang Monas, diantaranya kereta kencana dari Keraton Solo dan Kesultanan Cirebon.

"Melalui Festival Keraton Dunia ini tentu saja kita ingin membangun brand Jakarta sebagai kota wisata. Karena kita kan memiliki 148 keraton dan lembaga adat. Ini kekuatan yang kita ingin angkat," ujar Jokowi yang mengenakan baju adat Betawi warna hitam dan kain sarung batik warna cokelat, Kamis (5/12).

Mantan Walikota Solo itu juga mengatakan, dalam kirab budaya nanti, dia dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaya Purnama akan mengenakan baju ala Pangeran Jayakarta.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengadakan Pagelaran Agung Keraton se-Dunia atau World Heritage Festival pada 5 hingga 8 Desember mendatang. Kegiatan tersebut akan menampilkan 176 kerajaan dari nusantara dan mancanegara berikut kesenian budaya mereka masing-masing.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement