Jumat 13 Dec 2013 23:55 WIB

Wiranto: Indonesia Terlalu Mendewakan SDA

Ketua Umum Partai Hanura Wiranto
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Ketua Umum Partai Hanura Wiranto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Wiranto menilai, Indonesia terlalu mengandalkan sumber daya alam (SDA), sehingga mengesampingkan sumber daya manusia (SDM).

"Kita terlalu mendewakan aset fisik, diberitahu bahwa negara ini kaya raya. Tapi ini sebenarnya bersifat menyesatkan," ujar Wiranto saat memaparkan materinya dalam Debat Kandidat Calon Presiden di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Jakarta, Jumat (13/12) sore.

Wiranto menjelaskan, sebenarnya yang harus diandalkan Indonesia adalah memajukan SDM dibandingkan dengan hanya mengagungkan SDA. Jenderal TNI (Purn) itu menilai, hal tersebut menimbulkan kesalahan pola pikir masyarakat, karena sesungguhnya dengan memajukan SDM, maka Indonesia akan mampu memproduksi sesuatu atau mengolah SDA, sehingga memiliki nilai yang jauh lebih tinggi.

Ia membandingkan bila SdM dapat habis suatu saat nanti, namun kecerdasan manusia yang menjadi sumber daya pokok bila tidak akan habis.

"Kecerdasan manusia yang dikapitalisasi bisa membuat banyak hal dan itu menjadi aset yang akan selalu terbarukan," ujar dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement