Kamis 19 Dec 2013 20:30 WIB

Tiga Syarat Jadi Capres PKB Menurut Mahfud MD

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Karta Raharja Ucu
Mahfud MD
Foto: Republika/Prayogi
Mahfud MD

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahfud MD berpendapat, ada tiga persyaratan yang harus dipenuhi capres PKB. Pertama, harus mendapat dukungan dari institusi-institusi rohaniah PKB.

"Mendapat dukungan ulama-ulama dan kiai-kiai NU, serta kyai pesantren," ujar Mahfud selepas menjadi pembicara dalam acara Rapimnas DPRD Seluruh Indonesia, di Jakarta, Kamis (19/12).

Kedua, menurut Mahfud, capres PKB harus mempunyai elektabilitas dan juga akseptibilitas. Artinya, ia mengatakan, selain mempunyai tingkat keterpilihan, juga bisa diterima oleh masyarakat. Syarat ketiga, menurutnya, harus diterima dalam program koalisi dengan partai lain.

"Kalau harus koalisi. Karena itu nanti akan menentukan siapa calon yang jadi," kata mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu.

Sekarang ini, Mahfud mengaku belum memikirkan pada keputusan akhir DPP PKB. Ia mengatakan, semua capres final ini tengah berusaha untuk terlebih dulu membesarkan partai. PKB juga harus bisa mendapatkan sebanyak mungkin kursi di Pileg nanti.

"Karena kedudukan PKB di tengah partai-partai lain akan ditentukan seberapa besar hasil kursi dalam pemilu itu," tutup pria asal Madura ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement