Rabu 01 Jan 2014 20:08 WIB

Vihara Gantikan Gereja untuk Target Teror

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Joko Sadewo
Bom (ilustrasi)
Foto: USF
Bom (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polisi menyebut adanya peralihan sasaran teror di Indonesia. Dalam penggrebegan di Ciputat, Tangerang Selatan semalam, mereka mendapatkan terpampangnya nama-nama vihara tempat peribadatan umat Budha.

"Ini melingkupi nama-nama vihara yag berlokasi di Jakarta," ujar Karo Penmas Polri Brigjen Boy Rafli Amar di Jakarta Rabu (1/1).

Boy mengatakan, munculnya nama-nama vihara ini sebagai target terduga teroris, membuat pola aksi terorisme mereka harus kembali dicermati. Setelah sekian lama mengincar gereja untuk diledakan, kini jaringan mujahidin salah kaprah ini sudah tak lagi bernafsu ke umat nasrani.

Boy berujar, diduga penindasan brutal pendeta Budha kepada muslim Rohingya di Myanmar membuat teroris di Indonesia marah. "Inilah, aksi di negara kita juga terpengaruh oleh gejolak nasional dan internasional sehingga membuat adanya pergeseran (target)," kata dia.

Lebih dalam, meskipun memiliki daftar lengkap seluruh vihara di Jakarta dan sekitarnya, menurut Boy para terduga teroris pimpinan Dayat Kacamata ini tak akan menyerang seluruhnya. Dia berujar, para terduga tampaknya akan memilah-milah mana vihara yang akan terlebih dulu diserang. "Sepertinya masih melakukan survei, itu dugaan kami," ujar jenderal bintang satu ini.

Penggerebekan terduga teroris berlangsung di Jl. Ki Hajar Dewantara, RT 04/07, Kelurahan Kampung Sawah, Ciputat. Penggerebekan berlangsung sekitar sepuluh jam lamanya dengan diwarnai baku tembak antara terduga teroris dengan satu tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti teror Polri. Tim Densus 88 sendiri dipimpin langsung Kapolri Jenderal Sutarman saat penggerebekan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مِنْ اَجْلِ ذٰلِكَ ۛ كَتَبْنَا عَلٰى بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اَنَّهٗ مَنْ قَتَلَ نَفْسًاۢ بِغَيْرِ نَفْسٍ اَوْ فَسَادٍ فِى الْاَرْضِ فَكَاَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيْعًاۗ وَمَنْ اَحْيَاهَا فَكَاَنَّمَآ اَحْيَا النَّاسَ جَمِيْعًا ۗوَلَقَدْ جَاۤءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِالْبَيِّنٰتِ ثُمَّ اِنَّ كَثِيْرًا مِّنْهُمْ بَعْدَ ذٰلِكَ فِى الْاَرْضِ لَمُسْرِفُوْنَ
Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa barangsiapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia. Sesungguhnya Rasul Kami telah datang kepada mereka dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas. Tetapi kemudian banyak di antara mereka setelah itu melampaui batas di bumi.

(QS. Al-Ma'idah ayat 32)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement