Selasa 21 Jan 2014 12:03 WIB

Pemerintah Bahas Bantuan untuk Sinabung

Rep: Esthi Maharani/ Red: Joko Sadewo
Pengungsi Sinabung
Pengungsi Sinabung

JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kembali melakukan rapat terbatas untuk membahas bencana yang melanda tanah air. Rapat tersebut dikhususkan membahas bencana Gunung Sinabung, Sumatra Utara.

"Ratas kali ini khusus membahas penanganan bencana, lebih khusus lagi solusi untuk saudara-saudara kita yang ada di sekitar Gunung Sinabung," katanya saat membuka ratas di kantor presiden, Selasa (21/1).

Ia  mengatakan bantuan ke Sinabung pun telah disalurkan lewat jajaran TNI/Polri. Ia juga mengatakan telah berkali-kali berkomunikasi dengan pihak terkait yang sedang dilanda bencana. Tak hanya Sinabung tetapi wilayah lain. Contohnya Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan yang juga wilayahnya terkena banjir. "Yang menjadi harapan masyarakat yang dilaporkan dapat kita carikan solusinya," katanya.

Presiden pun mengatakan sudah berbicara dengan Menteri Keuangan, Chatib Basri untuk melihat anggaran yang dimiliki pemerintah untuk disalurkan. Dengan catatan, penggunaannya sesuai dengan mekanisme dan aturan hukum yang berlaku.

"Kira-kira anggaran seperti apa yang bisa kita gunakan secara hukum dibenarkan tetapi memang kita perlukan untuk membantu saudara-saudara kita di sana. Utamanya mata pencaharian penduduk yang sangat terganggu karena tidak bisa bekerja sehingga ada kerugian. Oleh karena itu, karena ini bencana, harus ada solusi yang tepat," katanya.

Dalam kesempatan itu, Presiden SBY mengucapkan terima kasih kepada BNPB yang sigap membantu dan menangani  bencana. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement