Kamis 23 Jan 2014 19:34 WIB

Pengamat Tunjukkan Alasan PKS Dukung Megawati

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: A.Syalaby Ichsan
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri
Foto: ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik Charta Politika Arya Fernandes menilai sinyalemen dukungan PKS terhadap pencapresan Megawati Soekarnoputri merupakan strategi PKS memperbaiki citra politik mereka di masyarakat.

PKS ingin menarik keuntungan dari tren elektabilitas PDIP yang cenderung positif. "Mereka (PKS) melihat peluang besar di PDIP untuk bisa menang. Tentu mereka (PKS) ingin ikut dalam kemenangan itu," kata Arya ketika dihubungi Republika, Kamis (23/1).

Arya melihat PKS  tengah berupaya melebarkan jaringan pemilih mereka ke kalangan nasional. Dalam konteks ini, PKS menyadari betul arti penting Megawati sebagai Ketua Umum PDIP.

Logikanya, dengan mengambil hati Megawati maka jalan untuk berkoalisi dengan PDIP akan lebih mudah. "PKS ingin mengambil hati pemilih nasionalis lewat Megawati," ujarnya.

Di sisi lain, PKS juga melihat ada celah untuk melunakan hati Megawati. Celah itu menurut Arya adalah soal kegamangan PDIP untuk mengusung Megawati atau Jokowi pada Pemilu Presiden 2014 mendatang. "PKS mengambil celah di tengah kostalasi politik internal PDIP yang belum menentu," katanya.

Arya memperkirakan koalisi PKS dan PDIP tidak akan terlalu menemui hambatan. Hal ini karena menurutnya fatsun politik elite PKS sudah jauh lebih moderat. PKS, imbuh Arya, akan berusaha mengesampingkan polemik capres perempuan. "Isu capres perempuan bisa terima," katanya. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement