Ahad 16 Feb 2014 04:06 WIB

Film Cina Menangkan Penghargaan Golden Bear

Sutradara dan aktor Black Coal, Thin Ice menerima penghargaan pada Berlin International Film Festival.
Foto: Reuters
Sutradara dan aktor Black Coal, Thin Ice menerima penghargaan pada Berlin International Film Festival.

REPUBLIKA.CO.ID, Film bergenre thriller asal Cina Bai Ri Yan Huo atau Black Coal, Thin Ice memenangkan penghargaan Golden Bear pada Berlin International Film Festival. Film ini bercerita tentang detektif yang kegemukan dan penelusurannya akan pembunuh berantai.

Liao Fan yang memerankan detektif Zhang Zili meraih pula penghargaan untuk aktor terbaik. ''Sangat sulit untuk percaya mimpi ini bisa terwujud,'' ucap Diao Yinan, sutradara Black Coal, Thin Ice.

Sementara itu Richard Linklater asal Amerika mendapatkan penghargaan sutradara terbaik untuk filmnya Boyhood. Untuk kategori Silver Bear peraihnya adalah film Grand Budapest Hotel.

Festival film ini yang secara resmi disebut Berlinale merupakan salah satu ajang pemutaran film tertua dan paling bergengsi di dunia. Kritik namun tak lepas dari penyelenggaraannya. Tahun ini keluhan dijaukan terhadap langka film kuat yang masuk dalam 23 kategori. Termasuk keluhan tayangnya beberapa film dengan agenda politik, hingga memberi terlalu banyak ruang bagi film Hollywood termasuk penayangan perdana film George Clooney Monuments Men.

''Tidak pernah ada penyelenggaraan yang cukup baik bagi kritikus,'' ujar Direktur Festival Dieter Kosslick. Festival kali ini menayangkan lebih dari 400 film. Diantaranya mencakup film bertemakan memasak dan makanan. Serta dokumenter yang tidak selesai oleh Martin Scorsese tentang kehidupan politik dan jurnal literatur dari New York Review of Books.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement