Selasa 18 Feb 2014 21:31 WIB

100 Relawan Bersihkan Bendung Katulampa

Red: Didi Purwadi
Pintu Air Katulampa Bogor
Foto: Republika/Agung Fatma Putra
Pintu Air Katulampa Bogor

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sekitar 100 orang relawan SAR menggelar bersih-bersih di seputar Bendung Katulampa, Selasa, pascasurutnya ketinggian air Sungai Ciliwung seiring berkurangnya intensitas hujan.

Kepala Pelaksana Harian Bendung Katulampa, Andi Sudirman, menyebutkan kegiatan membersihkan Bendung Katulampa rutin dilakukan. Namun, kali ini pihaknya dibantu oleh sekitar 100 orang relawan.

"Pascakenaikan permukaan air, banyak sampah dan pohon-pohon yang hanyut dan tersangkut di pintu bendung. Ini kita bersihkan dibantu 100 relawan dari berbagai institusi," ujar Andi Sudirman.

Andi mengatakan sejumlah relawan yang terlibat dalam aksi bersih Bendung Katulampa tersebut diantaranya Satpol PP, Tagana, RAPI, Bogor SAR Community, dan seluruh petugas bendung.

Dalam kegiatan bersih-bersih tersebut, anggota Bogor SAR Community membantu mengangkat pohon-pohon yang tersangkut di pintu air bendung.

Anggota SAR community tersebut harus berclimbing dengan tambang yang terikat di bendung agar bisa mengambil dan mengangkat batang-batang pohon yang menyangkut di pintu.

"Kami sangat terbantu dengan adanya keterlibatan para relawan ini. Karena, untuk bisa mengambil batang pohon yang menyangkut tersebut, kita harus bergantungan di tali,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement