Ahad 16 Mar 2014 23:28 WIB

Selebritas Dunia Teken Petisi untuk Palestina

Rep: Ani Nursalikah/ Red: A.Syalaby Ichsan
Pengungsi Palestina/ilustrasi
Foto: guardian.co.uk
Pengungsi Palestina/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sekitar 30 selebriti mengajukan petisi yang menuntut PBB mengambil tindakan melindungi warga sipil, terutama pengungsi Palestina yang terjebak dalam konflik Suriah. Perang sipil Suriah menginjak tahun keempat.

Para bintang yang turut menyumbangkan suaranya, termasuk Hugh Grant, Emma Thompson, Sting, Roger Waters dan Tracey Emin.

Mereka menyerukan kepada Dewan Keamanan PBB dan presiden Majelis Umum untuk menciptakan ruang yang aman dan gencatan senjata lokal sehingga memungkinkan pasokan darurat untuk menjangkau warga sipil yang terkepung.

Surat tersebut ditandatangani tokoh-tokoh Inggris dari dunia film, sastra, akting, musik dan seni visual. Petisi itu juga didukung oleh badan PBB untuk pengungsi Palestina UNRWA dan badan amal HOPING yang mendukung anak-anak pengungsi Palestina.

Hampir 500 ribu warga Palestina terdaftar sebagai pengungsi di Suriah sebelum perang sipil terjadi. UNRWA mengatakan mayoritas dari mereka mengungsi  dari rumah mereka.

Sebagian besar dari 170 ribu warga di kamp pengungsi Palestina Yarmouk di pinggiran Damaskus telah melarikan diri, tetapi hampir 40 ribu masih terperangkap.

"Orang-orang dan bantuan harus dibiarkan lewat. Kami ingin suara kami bisa membantu warga yang sekarang menderita di Suriah untuk mencegah tragedi lagi," ujar para selebriti dalam petisinya, speerti dilansir AFP dari laman Al Arabiya, Ahad (16/3).

Musisi Bryan Adams, Peter Gabriel, Annie Lennox, seniman Tracey Emin, Carsten Hoeller dan Jeremy Deller juga ambil bagian dalam petisi itu. Begitu juga dengan sutradara film Alfonso Cuaron, Ken Loach, Stephen Frears dan penulis Hanif Kureishi.

Juru bicara UNRWA Chris Gunness mengatakan sudah dua pekan sejak pengiriman bantuan kemanusiaan terakhir mereka ke kamp pengungsi Yarmouk di Damaskus. Situasi sudah putus asa dan sangat mendesak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement