Sabtu 12 Apr 2014 01:43 WIB

Semifinal Rasa Final di Liga Champions

Rep: c63/ Red: Bilal Ramadhan
Liga Champions
Foto: footballspeak.com
Liga Champions

REPUBLIKA.CO.ID, SWISS– Hasil drawing babak semifinal Liga Champions 2013/2014 baru saja diumumkan Federasi Sepak bola Eropa (UEFA) di Nyon, Swiss pada Jumat (11/4). Undian semifinal pertama mempertemukan klub raksasa dari dua negara berbeda yakni Real Madrid dan Bayern Muenchen.

Sedangkan undian kedua mempertemukan Atletico Madrid melawan Chelsea FC. Keduanya akan bertanding pada leg pertama 22 dan 23 April, dan leg kedua 29 dan 30 April. Pertemuan antara Real Madrid dan Bayern Muenchen ini bisa dikatakan lebih pantas dimainkan di partai final.

Pasalnya, dua klub tersebut mempunyai kualitas yang sama-sama kuat mulai dari barisan permain, manajer dan taktik yang sangat mumpuni. Barisan el Real dihuni pemain-pemain menakutkan seperti Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale dan ditukangi oleh manajer berpengalaman sekelas Carlo Ancelotti.

Begitu pun dengan sang juara bertahan Liga Champions musim lalu Bayern Muenchen yang saat ini diarsiteki oleh Pep Guardiola.  Muenchen telah bertemu 20 kali dengan el Real di kompetisi UEFA termasuk lima semifinal dengan membukukan 11 menang, 2 imbang, 7 kalah.

Emilio Butragueno yang bertindak sebagai perwakilan Real Madrid menanggapi hasil undian Madrid kontra Muenchen sebagai partai yang sangat sulit. Namun, dia berharap Los Blancos yang akan keluar menjadi pemenang.

“Akan sangat sulit melawan Bayern. Tentu saja saya berharap Real Madrid dapat mencapai final dan menang,” ujar Butragueno seperti dikutip EUFA.

Sementara undian yang mempertemukan Atletico Madrid kontra Chelsea akan mempertemukan kedua tim kembali setelah pertemuan terakhir di final Piala Super Eropa 2012 ketika Atletico sukses membekuk Chelsea 4-1 lewat hat-trick yang ditorehkan Radamel Falcao.

Perwakilan dari Chelsea Paulo Ferreira menyebut pertandingan kedua tim adalah pertemuan sulit dan kedua tim memiliki kekuatan seimbang. “Ini akan menjadi pertandingan yang sulit dengan peluang 50-50 untuk mencapai final. Atlético memiliki permainan indah melawan Barcelona dan mereka layak berada di semifinal," ujar Ferreira.

Tidak begitu banyak catatan dari pertemuan dua klub ini, tetapi pertemuan ini bisa jadi menjadi pertemuan yang tidak diharapkan oleh kubu Atletico. Pasalnya, kiper andalan Atletico Madrid Thibaut Courtois yang berstatus pemain pinjaman dari Chelsea, tidak bisa tampil jika berhadapan dengan Chelsea. Dalam klausul kontrak pemain Belgia tersebut, Atletico harus membayar sebesar 3 juta atau senilai Rp 47 miliar Euro per pertandingan jika menurunkan pemain berusia 21 tahun itu.

Seperti diketahui, Courtois merupakan salah satu pemain kunci kehebatan Atletico musim ini. Kehebatannya di depan mistar gawang membuatnya menjadi kiper yang paling sedikit kemasukan gol di La Liga musim ini. Kubu Atletico melalui Presiden Atletico Enrique Cerezo telah mengatakan tidak akan membayar sebesar nilai yang ditentukan. Itu menandakan Courtois tidak akan diturunkan, dan kiper kedua Atletico Dani Arunzubia bisa jadi pilihan Diego Simeone.

Undian selanjutnya menentukan pemenang semifinal Real Madrid vs Bayern Munich akan bertindak sebagai tim tuan rumah sedangkan pemenang Atletico Madrid vs Chelsea menjadi tim tamu pada final Liga Champions di Lisbon, Portugal.

Sementara dalam drawing semifinal Liga Eropa 2013/2014 mempertemukan semifinal La Liga antara Sevilla dan Valencia. Perwakilan klub dari Portugal otomatis berhadapan dengan pemuncak klasemen Serie A musim ini yakni Juventus. Keempat klub akan menjalani partai semifinal leg pertama pada 24 April dan leg kedua pada 1 Mei mendatang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement