Sabtu 12 Apr 2014 08:02 WIB

Cina Tunda Pengiriman Panda ke Malaysia

Rep: Puti Almas/ Red: Muhammad Hafil
Panda raksasa Cina ketika baru tiba di Belgia.
Foto: AFP
Panda raksasa Cina ketika baru tiba di Belgia.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR, Malaysia -- Cina telah menunda untuk mengirimkan dua panda raksasa ke Malaysia. Hal ini sebagai bentuk penghormatan Pemerintah China atas musibah hilangnya pesawat MH 370. Pemerintah Cina menyatakan hal ini pada Jumat (11/4).

Rencana pengiriman dua panda raksasa oleh Cina ke Malaysia awalnya akan berlangsung pada Rabu mendatang. G. Palanivel Menteri Lingkungan dan Sumber Daya Alam Malaysia berharap panda dapat tiba sebelum tanggal 31 Mei. Tanggal tersebut adalah tanggal dimana Malaysia dan Cina secara resmi memperingati 40 tahun hubungan diplomatik mereka.

"Belum ada tanggal khusus kapan panda akan dikirimkan, namun pastinya tidak dalam waktu dekat karena kami menghormati perasaan keluarga penumpang pesawat MH 370 yang masih berduka," ujar Palanivel.

Panda telah lama digunakan Cina sebagai tanda persahabatan dengan negara-negara lain. Hal ini juga sebagai tanda diplomasi antara suatu negara dengan Cina berlangsung baik. 

Panda yang akan dikirimkan ke Malaysia bernama Feng Yi dan Fu Wa. Pemerintah Cina akan meminjamkan dua panda raksasa ini di Malaysia ini selama 10 tahun. 

Terkait pengiriman panda yang akan dilakukan oleh Pemerintah Cina, Pemerintah Malaysia sudah menyiapkan dana sebesar 25 ringgit. Dana ini digunakan untuk membangun wilayah konservasi dengan pendingin udara bagi panda tersebut. Lokasi konservasi panda ini dikatakan oleh Pemerintah Malaysia akan berada di luar Kota Kuala Lumpur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement