Selasa 13 May 2014 08:27 WIB

Tahanan Ini Manfaatkan Salat Berjamaah untuk Melarikan Diri

Tahanan (ilustrasi)
Foto: washingtonpost.com
Tahanan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PAYAKUMBUH, SUMBAR -- Seorang tahanan Polres Kota Payakumbuh, Sumatera Barat bernama Jamhur Rahim (24) alias Ujang melarikan diri dari sel tahanan. Ia kabur dengan memanfaatkan cuaca hujan lebat, pada Ahad malam (11/5) sekitar pukul 19.45 WIB.

Kapolres Kota Payakumbuh, AKBP Rubintoro Suhada, Selasa, mengatakan, saat kejadian dalam sel sedang dilaksanakan sholat Isya berjamaah antara sesama tahanan.

"Petugas mengira Ujang masih melaksanakan sholat Isya secara berjamaah di ruangan khusus dalam sel tersebut, namun saat dilakukan pengecekan ternyata tahanan tersebut sudah tidak berada di dalam sel," kata Kapolres.

Menurut AKBP Rubintoro, dari keterangan sejumlah saksi sesama penghuni sel, tersangka yang sebelumnya tersandung kasus pencabulan itu, awalnya ikut sholat berjamaah dengan sesama penghuni sel. Saat itu, tersangka berada di barisan belakang jamaah sholat.

 

Diduga saat gerakan rukuk tersangka mulai malakukan usahanya untuk melarikan diri dengan memanjat terali sel. Saat gerakan sujud, tersangka yang bertubuh kecil sudah berhasil lolos dari tahanan dan kabur dari Mapolres Payakumbuh.

Tersangka Ujang baru diketahui petugas telah melarikan diri setelah sholat selesai dilakukan. Saat petugas piket mencek kembali jumlah tahanan, ternyata tahanan yang awalnya berjumlah 14 orang, telah berkurang 1 orang. Petugas pun terkejut dan langsung melaporkan kejadian itu ke anggota lainnya.

Berselang beberapa menit, petugas pun berpencar melacak pelarian tersangka. Dalam kondisi hujan deras, puluhan petugas dari berbagai kesatuan dikerahkan untuk memburu keberadaan tersangka.

Dengan menelusuri jejak kaki tersangka, hingga melacak ke semak-semak yang diduga tempat pelarian tersangka. Namun upaya tersebut belum membuahkan hasil. "Hingga saat ini kita masih terus melakukan pengejaran," kata Kapolres Payakumbuh.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement