Kamis 12 Jun 2014 18:57 WIB

Jelang Puasa, Harga Daging Ayam Masih Tinggi

Rep: Eko Widiyanto/ Red: Bilal Ramadhan
Daging ayam yang dijual di pasar tradisional.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Daging ayam yang dijual di pasar tradisional.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO-- Harga kebutuhan pokok di wilayah Kabupaten Banyumas, masih terus bergejolak. Mendekati Bulan Paasa, harga berbagai kebutuhan masih terus mengalami kenaikan. Yang paling tinggi kenaikan harganya, adalah komoditi ayam potong.

Dari pemantauan di pasar-pasar tradisional di wilayah Banyumas, Kamis (12/6), ayam potong ini dijual bervariasi sekitar Rp 30 ribu hingga Rp 31 ribu per kg. ''Harga ayam potong memang naik terus. Lima hari lalu, harga ayam potong masih Rp 28 ribu per kg. Sekarang sudah menjadi Rp 32 ribu per kg,'' jelas Murwati (42), pedagang ayam potong di Pasar Patikraja, Kabupaten Banyumas.

Sementara di pasar tradisional Kota Purwokerto, seperti di Pasar Manis, pedagang ayam potong menjualnya degan harga Rp 31 ribu per kg. 'Sudah sejak dua hari lalu, harga ayam potong naik jadi Rp 31 ribu per kg.

Dia mengaku, kenaikan harga ayam potong ini membuat pelanggannya banyak yang mengeluh. Namun dia mengaku tidak bisa menjualnya lebih murah, karena harga dari peternaknya juga sudah tinggi. Bahkan dia menyatakan, untuk menjual ayam potong ini dia hanya mendapatkan keuntungan Rp 2.000 per kg.

''Banyak langganan saya yang menawar harga Rp 28 ribu per kg. Tapi ya tidak mungkin saya menjual seharga itu, karena harga dari peternaknya saja sudah Rp 29 ribu per kg,'' katanya.

Dia mengakui, harga ayam potong ini memang biasa mengalami kenaikan pada saat menjelang puasa maupun menjelang lebaran. Meski demikian, dia mengaku kenaikan menjelang puasa tahun ini tergolong cukup tinggi. ''Biasanya, kenaikan harga ayam potong ini tidak sampai melebihi Rp 30 ribu per kg,'' katanya.

Selain harga daging ayam potong. kebutuhan masyarakat yang juga mengalami kenaikan cukup tinggi adalah telur ayam lehor. Di pasar Wage Purwokerto, harga telur ayam lehor ini sudah mencapai Rp 19.500 per kg. Sementara harga normalnya adalah Rp 16 ribu per kg. ''Harga telur ayam juga masih naik terus,'' kata Murwanti, pedagang kelontong di pasar Wage.

Sementara untuk harga kebutuhan lain, masih relatif stabil. Seperti harga daging sapi masih stabil di kiasaran Rp 100 ribu per kg, beras medium IR 64 Rp 8.100 pr kg, dan minyak sayur Rp 11 ribu per kg.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement