Senin 04 Aug 2014 19:12 WIB

ISIS Rilis Video ‘Eid Greeting’ untuk Militan Asing

Rep: c92/ Red: Joko Sadewo
Peserta bercadar menyaksikan video dokumenter perkembangan ISIS (Islamic State in Iraq and Syria) di Jakarta, Senin(4/8). (republika/ Tahta Aidilla)
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Peserta bercadar menyaksikan video dokumenter perkembangan ISIS (Islamic State in Iraq and Syria) di Jakarta, Senin(4/8). (republika/ Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD –- Sebuah video dirilis oleh Negara Islam (dulunya ISIS) dalam perayaan Idul Fitri lalu. Video itu menunjukkan para militan yang direkrut dari Amerika, Eropa, Asia Tenggara, dan Afrika.

Video tersebut awalnya dirilis di Twitter pada Sabtu (2/8) oleh al Hayat, media Negara Islam. Video tersebut berjudul “Salam Idul Fitri dari Tanah Khalifah.” Video tersebut menyerukan kepada umat Islam untuk ikut berjihad dan pindah ke negara “khalifah” yang saat ini menduduki Irak dan Suriah.

Video berdurasi 20 menit ini berisi wawancara beberapa militan asing yang disebut berasal dari Belgia, Finlandia, Indonesia, Inggris, Maroko, Afrika Selatan, Tunisia, dan Amerika Serikat. Segmen-segmen dalam video tersebut mempromosikan kekhalifahan baru, mendorong Muslim dan keluarga mereka untuk datang dan merasakan kehidupan di bawah pemerintahan Negara Islam di bawah pimpinan Abu Bakr al-Baghdadi.

“Aku merasa seperti masih bermimpi,” kata seorang militant asal Trinidad, Abu Abdurahman al-Trinidadi. “Anda harus kesini untuk memahami apa yang saya katakan. Jika Anda jauh, Anda tidak akan mengerti.”

Pekan lalu, ISIS juga merilis sebuah video berjudul “Join the Ranks” di Youtube yang mendesak warga Indonesia untuk bergabung dalam jihad Negara Islam. Sebuah laporan PBB yang dirilis bulan ini menuduh kelompok militan ini terlibat dalam pembunuhan, perekrutan paksa anak-anak, dan kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak-anak perempuan, serta pelanggaran HAM lain.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement