REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang semester pertama 2014, unit Usaha PT Mahaka Media Tbk berhasil mencatat kenaikan laba bersih dua digit. Salah satu unit usaha yang berhasil meraih laba bersih hingga 20 persen adalah Gen FM.
CEO Mahaka Media, Adrian Syarkawie mengatakan pendapatan dari unit penyiaran Gen FM mencapai Rp 13,131 miliar. Angka ini lebih besar dari target yang ditetapkan sebesar Rp 10,956 miliar untuk semester pertama 2014.
''Kenaikan laba itu menunjukkan pasar radio yang masih menjanjikan. Gen Fm semakin ditantang untuk melakukan inovasi, solusi kreatif dan cepat kepada mitra usahanya,'' tutur dia berdasarkan rilis yang diterima Republika Rabu (10/9). Ia menambahkan perolehan terbesar Gen FM masih didapat dari iklan konvensional berupa adlibs, spot, dan insert.
Gen FM sendiri berupaya meningkatkan pendapatan dengan mengembangkan kanal digital. Strategi ini diambil guna menyesuaikan dan menangkap peluang dari pertumbuhan pengguna e-commerce yang kini mencapai 60 persen di aplika Gen FM.
Terobosan baru berupa produk aplikasi lain juga tengah disiapkan tim Mahaka Media dan rencananya akan diresmikan di kuartal ke empat 2014.
PT Mahaka Media Tbk. merupakan perusahaan induk media multikanal yang memiliki berbagai unit usaha antara lain radio Gen FM, Jak FM, Jak TV, Alif TV, harian umum Republika, Republika Online (ROL), Republika Penerbit, harian Indonesia, majalah Golf Digest, majalah Parents Indonesia, Alive! Indonesia, dan Mahaka Advertising.