Jumat 20 Jun 2025 14:59 WIB

Rencana ABBA ke Depan Bakal Ekspansi ke AI untuk Pengembangan Bisnisย 

Penggunaan AI merupakan teborosan baru dalam upaya pengembangan bisnis ABBA.

Rep: Eva Riantiย / Red: Gita Amanda
Direktur Utama PT Mahaka Media Tbk Ronny Wilimas Sugiadha dan Direktur PT Mahaka Media Tbk Muhammad Fadri Attamimi menyampaikan kinerja perusahaan sepanjang 2024 dalam acara Public Expose 2025 PT Mahaka Media Tbk (MahakaX), yang digelar secara daring, Jumat (20/6/2025).
Foto: Republika/Eva Rianti
Direktur Utama PT Mahaka Media Tbk Ronny Wilimas Sugiadha dan Direktur PT Mahaka Media Tbk Muhammad Fadri Attamimi menyampaikan kinerja perusahaan sepanjang 2024 dalam acara Public Expose 2025 PT Mahaka Media Tbk (MahakaX), yang digelar secara daring, Jumat (20/6/2025).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Mahaka Media Tbk (ABBA) menyusun strategi baru dalam menghadapi dinamika bisnis ke depan. Di antara rencana perseroan adalah pemanfaatan artificial intelligent (AI) dalam pengembangan bisnisnya. 

“Kami berekspansi masuk ke AI, ada suatu sistem AI yang akan kami kembangkan untuk mendukung sektor periklanan dan juga salah satu bisnis unit kami,” kata Direktur Utama PT Mahaka Media Tbk Ronny Wilimas Sugiadha dalam Public Expose 2025 PT Mahaka Media Tbk, yang digelar secara daring, Jumat (20/6/2025). 

Baca Juga

Ronny mengatakan, rencana pemanfaatan AI tersebut akan diumumkan secara lebih clear dalam kesempatan mendatang. Ia menekankan, penggunaan AI merupakan teborosan baru dalam upaya pengembangan bisnis ABBA ke depan. 

“Rencana untuk menggunakan AI untuk bisa mendukung baik dari sisi internal ataupun bisa meng-create preposition baru,” ujarnya. 

Selain itu, Ronny menuturkan, ABBA juga bertransformasi dalam tata kelola perseroan. Yakni untuk mengembangkan cara atau pola yang lebih sinergi, efisiensi, dan efektif pada seluruh lini bisnis yang ada. 

“Ini yang akan kita lakukan untuk menekan biaya atau cost, yang mana ujung-ujungnya akan mendapatkan pendapatan yang lebih baik,” kata dia. 

Ronny juga menekankan akan terus meningkatkan nilai tambah dari bisnis yang sudah ada. Terutama di digital marketing dan event organizer/entertainment, yang disebut merupakan salah satu tulang punggung dari bisnis ABBA ke depan. 

“ABBA lebih berencana untuk bagaimana bisa membuat event internasional,” ujar dia. 

Diketahui, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk laporan keuangan tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2024, PT Mahaka Media Tbk (ABBA) membukukan peningkatan pendapatan 4 persen dari Rp 201 miliar pada 2023 menjadi sebesar Rp 209 miliar pada 2024.

Peningkatan pendapatan yang terjadi pada 2024, utamanya ditopang oleh sektor event organizer yang mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar 17 persen dari Rp 65 miliar pada 2023 menjadi Rp 76 miliar pada 2024. Diikuti oleh pendapatan dari digital marketing yang mengalami kenaikan sebesar 12 persen dari angka Rp 18 miliar pada 2023 menjadi Rp 20 miliar pada 2024.

Kemudian tercatat terjadi peningkatan yang signifikan pada laba kotor/gross profit sebesar 29 persen dari level Rp 59 miliar pada 2023 menjadi Rp 76 miliar pada 2024. Peningkatan tersebut mencerminkan efisiensi yang lebih baik dalam pengelolaan biaya pokok penjualan.

Sementara itu, laba operasional meskipun masih mencatatkan negatif, kerugian operasional yang tercatat sebesar Rp 54 miliar pada 2023 turun 81 persen menjadi Rp 10 miliar pada 2024. 

Adapun angka Ebitda atau pendapatan sebelum bunga, pajak, dan amortisasi, perusahaan mencatatkan terjadinya perubahan drastis dari negatif Rp 32 miliar pada 2023 menjadi positif Rp 25 miliar pada 2024, atau naik sebesar 178 persen. Hal itu dinilai sebagai indikator yang sangat positif terhadap kinerja operasional perusahaan.

Mengenai laba bersih atau net profit, perusahaan berhasil mencatat laba bersih sebesar Rp 6 miliar di tahun 2024, dibandingkan kerugian sebesar Rp 52 miliar di tahun sebelumnya. Atau mengalami perbaikan sebesar 111 persen, yang menunjukkan perusahaan telah kembali mencetak keuntungan.

Ronny menuturkan, ABBA terus mendorong pertumbuhan dan kolaborasi antar bisnis unit utama. Ia optimismis ke depan, perusahaan akan terus mencatatkan kinerja yang positif melalui berbagai inovasi dan terobosan. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement