Kamis 09 Oct 2014 16:52 WIB

Pro Duta Kirim 22 Anak Indonesia Ke Italia

Rep: c61/ Red: M Akbar
Skuat Pro Duta FC
Foto: premierleague.co.id
Skuat Pro Duta FC

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Klub sepak bola Pro Duta tidak hanya fokus mengejar prestasi di level senior di ajang Divisi Utama. Pro Duta juga konsisten mengedepankan pembinaan pemain di usia muda.

Bahkan dalam waktu dekat, Pro Duta U-19 akan mengikuti kejuaraan Viereggo Cup World Football Tournament Coppa Carnevale di Italia.

Sonny Agus Santoso, Kordinator seleksi mengatakan, 22 pemain yang terpilih itu merupakan asli anak Indonesia. Mereka hasil dari seleksi di lima wilayah di nusantara yakni, Soe - NTT, Sorong, Papua barat, Tobelo Halmahera, Medan dan di Jakarta.

''Dari tiap wilayah kita mengambil 22 pemain dari berbagai posisi. Kemudian seluruh peserta akan diseleksi secara nasional pada 12-13 Oktober nanti,'' ujar Sonny.

Sonny menjelaskan pihak klub hanya akan memilih 22 pemain yang akan bergabung di skuad Pro Duta U-19 serta mengikuti turnamen tersebut pada Pebruari 2015.

Untuk sistem seleksi sendiri, dijelaskan Sonny, mengikuti standar Pro Duta, dengan berbagai tahapan. Diantaranya, tahap pemanasan, seleksi tahap berupa formasi pertandingan, tahap kedua dribling, wall passing, shooting, tahap ketiga, speed dengan atau tanpa bola.

"Ya ini bagian implementasi kami terhadap pembinaan pemain muda. Maaf di Indonesia sendiri belum ada turnamen profesional untuk pemain muda seperti U-19, seperti di Eropa. Dengan demikian kami berusaha untuk memfasilitasi pemain usia muda, dengan mengikuti turnamen tersebut,'' ujarnya.

Saat di Italia, Sonny mengatakan, pemain terpilih itu akan tampil di Viareggio Cup. Ajang ini, dinilainya memiliki kualitas. Viareggio Cup merupakan salah satu turnamen sepak bola junior yang paling penting di dunia. Turnamen ini resmi diakui CONI, FIGC, UEFA dan FIFA, yang diselenggarakan setiap tahunnya di Viareggio, Tuscany, Italia.

Turnamen ini hanya berlangsung dalam waktu dua minggu dan selesai pada hari Senin terakhir dari Carnival of Viareggio. Karena itu, Viareggio Cup disebut juga sebagai Coppa Carnevale.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement