Selasa 14 Oct 2014 15:44 WIB

Tiga Agenda Ini Dibahas Pimpinan DPR dan Fraksi

Rep: C73/ Red: Winda Destiana Putri
Fadli Zon
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Fadli Zon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, mengatakan rapat konsultasi pengganti Bamus yang diselenggarakan hari ini, Selasa (14/10), telah selesai membahas tiga agenda. Rapat konsultasi dilakukan antara pimpinan DPR dan pimpinan fraksi.

Menurutnya, ketiga agenda diantaranya mengenai penetapan jumlah komisi, komposisi komisi berdasarkan fraksi-fraksi, dan mekanisme pemilihan pimpinan komisi. Tiga agenda ini telah disepakati bersama oleh 10 fraksi dan akan dibawa ke sidang paripurna pada Kamis (16/10) esok.

"Para anggota ingin komisi segera terbentuk agar dapat bekerja dengan cepat," kata politikus dari fraksi partai Gerindra ini, usai melaksanakan rapat konsultasi di Ruang Pansus B, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (14/10).

 

Ia mengatakan, ada 11 ketua dan 33 wakil ketua. Komposisi itu menurutnya tetap sama dengan mekanisme pada periode lalu. Menurutnya, dalam rapat juga diputuskan mengenai komposisi untuk di alat kelengkapan dewan diantaranya Banggar, Dewan Kehormatan, BURT, BKSAP, dan Baleg.

Rapat juga membahas soal berapa jumlah baleg. Mulanya, katanya, jumlah Baleg dua kali lipat dari jumlah komisi. Akan tetapi setelah dimusyawarahkan, ditetapkan menjadi satu setengah yaitu kurang lebih menjadi 75 anggota dewan.

Hal itu didasarkan atas pertimbangan efektivitas, dan banyak proses rancangan undang-undang yang kekuatannya berada di komisi. Sehingga menurutnya, Baleg kini sesuai UU MD3 tidak seperti Baleg pada periode lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement