Jumat 21 Nov 2014 22:33 WIB

Ini Cara Menaker Tingkatkan Wirausaha Dalam Negeri

Rep: CR05/ Red: Bayu Hermawan
Pelatihan kewirausahaan.
Foto: Antara
Pelatihan kewirausahaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dalam rangka mencetak lebih banyak wirausaha dalam negeri, Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri mendorong alumni magang luar negeri untuk menjadi wirausaha.

"Hal ini juga menjadi salah satu upaya memperluas kesempatan kerja dan menanggulangi pengangguran di Indonesia," ujar Hanif di Jakarta, Jumat (21/11).

Ia menilai, para peserta magang yang telah kembali ke Indonesia memiliki kompetensi, sikap, serta pengalaman kerja yang baik. "Oleh karena itu kita kita dorong agar mereka bisa berwirausaha di berbagai bidang pekerjaan,” lanjutnya.

Hanif menambahkan, Kemenaker akan memberikan pembinaan lanjutan yang sesuai dengan keahlian alumni selama magang. "Pada tahap awal mereka akan mengikuti seminar, konsultasi, pelatihan dasar dan pendampingan usaha,“ kata dia.            

Diketahui, penduduk Indonesia yang berprofesi sebagai wirausahawan masih terbilang rendah dan terbatas, yaitu baru mencapai 1,65 persen dari total 238 juta penduduk Indonesia.

Padahal, idealnya sebuah negara membutuhkan wirausaha paling sedikit 2 persen dari total penduduknya. Dimana Indonesia memerlukan sekitar 4,76 juta wirausaha baru untuk mendukung stabilitas dan pertumbuhan perekonomian negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement