Rabu 17 Dec 2014 04:23 WIB

Kegigihan Perempuan Peshmerga Hadapi ISIS

Rep: c01/ Red: Agung Sasongko
Pasukan Peshmerga dengan Tank lapis baja (ilustrasi)
Foto: Wikipedia
Pasukan Peshmerga dengan Tank lapis baja (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki penghujung 2014, beberapa Muslimah tercatat telah merebut perhatian dunia dan menjadi pemberitaan di berbagai media. Sepuluh Muslimah ini berhasil merebut perhatian karena telah mematahkan stereotip perempuan Muslim dengan menunjukkan kegigihan dan keberanian.

Berikut ini merupakan kesepuluh Muslimah terunggul versi Al Arabiya yang diurutkan secara acak :

2. Pejuang Muslimah Peshmerga

Di saat kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mendominasi pemberitaan tahun ini, media internasional juga memberikan perhatian lebih terhadap perempuan Kurdistan yang dengan bangga mengangkat senjata untuk melawan grup radikal tersebut. Mereka adalah pejuang tak kenal takut yang bergabung dengan satuan tentara Kurdistan Suriah, atau dikenal dengan YPJ.

Dosen dari Perguruan Tinggi George Brown, Ava Homa, menyatakan untuk pertama kalinya pada 2014, para Kurdistan diangkat ke media karena melakukan perlawanan terhadap ISIS yang berusaha menguasai tanah mereka. Menurut Homa, tentara perempuan Kurdistan bukan merupakan fenomena pertama dalam sejarah Kurd. Akan tetapi media baru kali ini menyorot para tentara perempuan tersebut.

"Media menyoroti tentara perempuan Kurdistan ini untuk mengangkat sisi Islam moderat yang menjunjung tinggi wanita dan melawan fundamentalisme," terang Homa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement