Kamis 18 Dec 2014 22:57 WIB

Lapindo Diberi Waktu 4 Tahun Ganti Uang Negara

Rep: C54/ Red: M Akbar
Basuki Hadi Muljono
Foto: www.tataruangindonesia.com
Basuki Hadi Muljono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pemerintah akan mengucurkan dana talangan Rp 781 miliar bagi korban lumpur Lapindo melalui APBNP 2015. Sebagai catatan, PT Lapindo Brantas harus mengembalikan dana tersebut dalam kurun waktu empat tahun kepada negara.

Keterangan tersebut disampaikan Menteri Pekerjaan Umum (PU) Basuki Hadi Muljono usai menggelar koordinasi dengan Presiden di Istana negara, Kamis (18/12). Angka Rp 781 miliar tersebut, menurut Basuki adalah 20 persen sisa kewajiban PT Lapindo Brantas terhadap korban, yang totalnya mencapai Rp 3,8 triliun.

“Pemerintah memberikan kesempatan kepada Lapindo untuk menyelesaikan selama 4 tahun. Jika dalam kurun waktu tersebut tidak melunasi sisa pembayaran kepada pemerintah, maka seluruh wilayah peta terdampak dikuasai oleh negara,” ujar Basuki dalam siaran pers yang diterima Republika dari Humas Pemprov Jawa Timur (Jatim).

Selain Menteri PU, turut menghadap Presiden Gubernur Jatim Soekarwo, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, Kepala Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Soelarso serta Bupati Sidoarjo Saiful Ilah.

Rapat koordinasi digelar seusai pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Gubernur Jatim Soekarwo sangat mengapresiasi keputusan yang diambil  Presiden Jokowi tersebut.

Menurut Soelarwo, dengan keputusan tersebut, Soekarwo berharap kerja BPLS membangun tanggul penahan lumpur tidak lagi dihalang-halangi warga. “Kalau hujan bisa meluber dan jebol, dan membahayakan masyarakat. Pemerintah Provinsi Jatim dan Kab Sidoarjo menyampaikan terima kasih kepada presiden karena telah mengambil keputusan penting demi kepentingan masyarakat Porong,” ujar Soekarwo.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement