Selasa 10 Feb 2015 01:07 WIB

Rinto Harahap, Buah Semangka Berdaun Sirih

Red: Didi Purwadi
Rinto Harahap
Foto: Antara
Rinto Harahap

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia musik Indonesia berduka. Salah satu penyanyi legendarisnya, Rinto Harahap, menghembuskan nafas terakhir di RS Mount Elizabeth, Singapura, Senin (9/2) pukul 23.00 waktu setempat.

Seperti disitir dari artikel tulisan Republika, Rinto dikenal sebagai sosok sederhana sekaligus melankolis. Itu tergambar jelas pada melodi dan syair lagu-lagu ciptaannya. Rinto banyak menulis tentang cinta karena dia mengaku amat mengagungkan cinta.

Peliknya persoalan cinta dilontarkan Rinto dalam bahasa yang mudah. Terkadang dia memiliki cara tersendiri mengungkapkan sesuatu yang dirasakan lantaran dalam cinta.

Terdengar mengada-mengada tapi jelas maksudnya, contoh 'buah semangka berdaun sirih' untuk mengatakan hal yang tak mungkin. Kata-kata tersebut merupakan lirik lagu ciptaan Rinto, 'Aku Begini Engkau Begitu', yang ditenarkan oleh Broery Marantika.

Rinto dilahirkan di Sibolga, Sumatera Utara, 10 Maret 1949 sebagai anak ketiga dari enam bersaudara. Bakatnya sudah kelihatan semasa 1969 lalu terus berkembang dan akhirnya masuk jalur rekaman bersama The Mercys yang begitu sangat populer bersama Koes Plus, Panbers, D'lloyd dan Bimbo hingga mereka dikenal sebagai the big five.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement