Selasa 24 Feb 2015 07:27 WIB

Muslim Norwegia Lindungi Sinagoga

Rep: c14/ Red: Agung Sasongko
Muslim Norwegia
Foto: Reuters
Muslim Norwegia

REPUBLIKA.CO.ID, OSLO -- Masih ingat dengan aksi damai sekelompok Muslim Norwegia terhadap sebuah Sinagoga di Oslo, Sabtu (21/2) lalu. Ribuan Muslim Norwegia berdiri dan memegang tangan satu sama lain mengitari Sinagoga.

Adalah Ali Chisti, tokoh Muslim setempat yang mencetuskan aksi tersebut. Pada awalnya, Ali Chisti bersikap sangat antipati terhadap semua orang Yahudi.

Seperti dilansir The Independent, Selasa (24/2),  dalam sebuah pidato pada acara debat publik tahun 2009 silam, Ali Chisti menegaskan teori konspirasi Yahudi di balik aksi kekerasan dunia. Misalnya, peristiwa 9/11 di New York, Amerika Serikat, tahun 2001 silam atau aksi terorisme di Mumbai, India, tahun 2008.

Kini, Ali Chisti mengakui sikapnya sudah berubah. “Saya akui, dulu saya sangat keras. Tapi sejak saat itu, saya merenungi banyak peristiwa dan juga banyak berdiskusi mengenai Islam dari beragam sudut pandang. Hingga akhirnya, saya mendapatkan cakrawala berpikir yang lebih luas,” ujarnya.

Sebagai tokoh Muslim Norwegia, Ali Chisti sangat aktif menggiatkan kampanye toleransi beragama terhadap umat non-Islam, termasuk Yahudi.

Secara terpisah, tokoh Yahudi Norwegia, Ervin Kohn, mengatakan, aksi yang digagas Ali Chisti pada Sabtu (21/2) lalu merupakan aksi yang sangat positif.  “Ini kian menguatkan hubungan antarumat beragama di Norwegia,” ujar Ervin Kohn.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّتَّخِذُ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ اَنْدَادًا يُّحِبُّوْنَهُمْ كَحُبِّ اللّٰهِ ۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَشَدُّ حُبًّا لِّلّٰهِ ۙوَلَوْ يَرَى الَّذِيْنَ ظَلَمُوْٓا اِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَۙ اَنَّ الْقُوَّةَ لِلّٰهِ جَمِيْعًا ۙوَّاَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعَذَابِ
Dan di antara manusia ada orang yang menyembah tuhan selain Allah sebagai tandingan, yang mereka cintai seperti mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat besar cintanya kepada Allah. Sekiranya orang-orang yang berbuat zalim itu melihat, ketika mereka melihat azab (pada hari Kiamat), bahwa kekuatan itu semuanya milik Allah dan bahwa Allah sangat berat azab-Nya (niscaya mereka menyesal).

(QS. Al-Baqarah ayat 165)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement